Kompas TV regional berita daerah

Komisi II DPRD Kalbar Mendorong Petani Manfaatkan Lahan Tidur untuk Dongkrak Ekonomi

Kompas.tv - 16 Oktober 2020, 09:30 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalbar, Suib, mendorong agar petani di Kalimantan Barat, dapat memanfaatkan lahan tidur yang cukup banyak untuk mendongkrak perekonomian, dan ketahanan pangan di masa pandemi covid-19. Ia mengatakan, lahan tidur dapat dimanfaatkan agar ditanami tanaman dan tumbuhan, dengan nilai ekonomi tinggi.

Baca Juga: Masa Pandemi, LDII Dorong Kemandirian Ekonomi dengan Teknologi Digital

Selain itu, Suib juga meminta agar pemerintah provinsi tidak hanya fokus menganggarkan penanganan covid-19, namun juga memerhatikan anggaran di bidang pertanian, agar dapat terus berkembang di tengah pandemi.

“Kita terlalu memfokuskan anggaran untuk mengantisipasi dampak covid-19. Saya kira itu kurang tepat, karena bagaimanapun sektor yang paling penting untuk bertahan hidup adalah pangan,” ucap Suib.

Dukungan program untuk petani juga menurutnya harus ditambah, serta ketersediaan bibit dan pupuk harus ditingkatkan, untuk membantu petani bertahan dan terus berkembang. Terlebih di masa pandemi, bertani ia nilai sebagai salah satu upaya menggerakkan sektor perekonomian, di Kalimantan Barat.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x