Kompas TV regional berita daerah

Okupansi Meningkat, 3 Perjalanan Kereta Api di Daop 9 Dibuka Kembali

Kompas.tv - 25 Agustus 2020, 18:48 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Daerah Operasi Sembilan Jember Jawa Timur kembali menjalankan 3 kereta api komersial, yang sempat berhenti sejak bulan April 2020 lalu.

KinI total ada 9 kereta api dioperasikan menyusul meningkatnya okupansi penumpang di tengah pandemi Covid-19.

Calon penumpang kereta api nampak memenuhi stasiun kereta api di Kabupaten Jember menyusul dioperasikan kembali sejumlah perjalanan kereta api dengan berbagai tujuan.

3 kereta api yang kembali dioperasikan adalah kereta api Mutiara Timur Siang, kereta api Mutiara Timur Malam dengan rute Banyuwangi - Surabaya dan juga kereta api Logawa dengan rute Jember – Jogjakarta.

Baca Juga: PT KAI Daop 9 Mengoperasikan 5 Kereta Api dan Sediakan Rapid Test Seharga 85 Ribu

Kereta api Logawa sudah dioperasikan sejak hari Minggu (23/08), setelah sebelumnya sempat berhenti beroperasi sejak bulan April 2020 lalu dan untuk kereta api Mutiara Timur dioperasikan sejak hari Sabtu (22/08).

Dibukanya perjalanan kereta api ke sejumlah tujuan disambut antusias penumpang, meski harus menjalani dan mempunyai surat keterangan sehat atau rapid test.

Salah satu calon penumpang, Izzania Oktaviani mengaku senang kini bisa berpergian lagi ke luar kota. Ia juga merasa tenang dan aman, PT KAI menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala Stasiun Kereta Api Jember, Heriyanto mengatakan bahwa tingginya tingkat okupansi penumpang menjadi alasan ditambahkannya perjalanan kereta api.

Baca Juga: Penumpang Melonjak, PT KAI Daop 8 Surabaya Tambah 6 Kereta Api Jarak Jauh dan Menengah

Sesuai data di bulan Agustus pekan pertama tercatat ada 6.345 penumpang, pekan kedua 9.183 penumpang dan pekan ketiga 8.083 penumpang.

Di masa pandemi Covid-19, seluruh penumpang wajib menerapkan protokol kesehatan, diantaranya mempunyai surat rapid test non reaktif, mengenakan masker dan pakaian lengan panjang.

Namun untuk persyaratan rapid tes hanya diberlakukan untuk penumpang perjalanan kereta api jarak jauh.

 

#KeretaApi #PTKAI #StasiunJember




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x