Kompas TV regional berita daerah

PT KAI Daop 9 Mengoperasikan 5 Kereta Api dan Sediakan Rapid Test Seharga 85 Ribu

Senin, 10 Agustus 2020 | 12:39 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV - Setelah sempat terhenti beroperasi sejak bulan ApriL 2020 lalu, PT Kereta Api Daerah Operasi 9 Jember Jawa Timur kembali memberangkatkan 5 perjalanan kereta api komersial dengan penerapatan protokol kesehatan.

Salah satuhnya adalah kereta api Wijaya Kusuma dengan rute Banyuwangi – Cilacap, yang dioperasikan sejak 7 Agustus 2020.

Ada juga kereta api Sri Tanjung rute Banyuwangi – Jogjakarta, kereta api Probowangi rute Banyuwangi – Surabaya, kereta api Tawang Alun rute Banyuwangi – Malang.

Sedangkan untuk kereta api jarak pendek, kereta api yang dioperasikan adalah kereta api Pandanwangi rute Jember – Banyuwangi.

Baca Juga: Penumpang Melonjak, PT KAI Daop 8 Surabaya Tambah 6 Kereta Api Jarak Jauh dan Menengah

Seluruh calon penumpang tetap harus menerapkan protokol kesehatan, yakni wajib menggunakan masker dan harus mempunyai surat keterangan sehat atau rapid tes maupun tes swab.

Manajer Humas PT Kereta Api Daop 9 Jember, Mahendra Bawono mengatakan bahwa untuk mencegah penularan virus corona dalam perjalan kereta api, maka pihaknya membuka layanan rapid tes murah dengan harga 85 ribu rupiah di stasiun kereta api Kota Jember.

Baca Juga: Rapid Test untuk Penumpang Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun Bandung, Dibanderol 85 ribu!

Namun sayang, meski telah disediakan layanan rapid tes murah, masih ada sejumlah calon penumpang yang batal berangkat, karena tidak mempunyai surat keterangan rapid tes dan tidak sanggup membayar biaya rapid tes sebesar 85 ribu rupiah.

Salah satunya adalah Mujiono, ia terpaksa membatalkan tiket kereta api tujuan Malang dan lebih memilih transportasi dengan bus.

Sejumlah calon penumpang ternyata menilai biaya rapid test masih mahal dan berharap harganya diturunkan, bahkan ada penumpang yang meminta rapid test digratiskan, karena penumpang sudah membeli tiket.

 

#KeretaApi #PTKAIDaop9 #RapidTest

Editor : KompasTV Jember



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:39
KEMENAG BERHARAP ARAB SAUDI MEMASUKKAN INDONESIA DALAM DAFTAR NEGARA YANG BOLEH MEMBERANGKATKAN JEMAAH UMRAH   DINYATAKAN MELANGGAR KODE ETIK, KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO: SAYA SIAP MENERIMA KONSEKUENSI KEPEGAWAIAN   DEWAS KPK MENYATAKAN KETUA WADAH PEGAWAI KPK YUDI PURNOMO BERSALAH MELANGGAR KODE ETIK PEMBERITAAN    MENDAGRI IMBAU CAMAT DI ZONA HIJAU COVID-19 TIDAK TERLENA KARENA VIRUS KORONA MEMILIKI PENULARAN YANG SANGAT TINGGI   GUBERNUR BALI I WAYAN KOSTER KEMBALI BATASI MASYARAKAT SETELAH ADA KLASTER BARU DARI UPACARA ADAT DI BADUNG, BALI   BAWASLU: PKPU PERUBAHAN MENGATUR TAK ADA KONSER MUSIK, ULANG TAHUN PARTAI, BAZAR, PERGELARAN SENI PADA PILKADA 2020   SEBUT KPU AKAN AJUKAN PERATURAN KPU PERUBAHAN, BAWASLU: KEGIATAN YANG MELIBATKAN BANYAK ORANG DILARANG   IMIGRASI BALI MENCATAT WARGA NEGARA RUSIA TERBANYAK DIDEPORTASI SEPANJANG TAHUN 2020   WALI KOTA RAHMAT EFFENDI SEBUT TERSISA 155 DARI 727 TEMPAT TIDUR ISOLASI DI SEJUMLAH RS KOTA BEKASI   SEKDA KABUPATEN KUPANG, NTT, OBED LAHA POSITIF COVID-19    JAKSA MENILAI MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM SEBABKAN KERUGIAN NEGARA RP 16,8 TRILIUN    JAKSA PENUNTUT UMUM KEJAGUNG TUNTUT MANTAN DIRUT PT ASURANSI JIWASRAYA HENDRISMAN RAHIM HUKUMAN 20 TAHUN PENJARA   PEMKOT JAKARTA UTARA SIAPKAN 10 POMPA YANG TERSEBAR DI 6 KECAMATAN JELANG MUSIM HUJAN   BNPB SEBUT BANJIR BANDANG SUKABUMI AKIBAT SEDIMENTASI SUNGAI DAN HUJAN LEBAT