Kompas TV internasional kompas dunia

PM Slovakia Robert Fico Jalani Operasi Lanjutan Usai Ditembak, Kondisinya Tetap Serius

Kompas.tv - 18 Mei 2024, 07:24 WIB
pm-slovakia-robert-fico-jalani-operasi-lanjutan-usai-ditembak-kondisinya-tetap-serius
Direktur rumah sakit Miriam Lapunikova berbicara di luar Rumah Sakit Universitas FD Roosevelt, Banska Bystrica, tempat Perdana Menteri Slovakia Robert Fico dirawat setelah ditembak, Jumat, 17 Mei 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

BRATISLAVA, KOMPAS TV - Perdana Menteri Slovakia Robert Fico, menjalani operasi lanjutan dua hari setelah ditembak beberapa kali dan kondisinya masih serius, kata pejabat Slovakia hari Jumat, 17/5/2024.

Fico, 59 tahun, diserang saat menyapa pendukungnya setelah rapat pemerintah di kota bekas tambang batu bara Handlova. Seorang tersangka pelaku telah ditangkap.

Miriam Lapunikova, direktur rumah sakit Universitas F. D. Roosevelt di Banska Bystrica, tempat Fico dibawa dengan helikopter setelah ditembak, mengatakan Fico menjalani CT scan dan saat ini sadar serta stabil di ICU, menggambarkan kondisinya "sangat serius."

Dia mengatakan operasi lanjutan tersebut mengeluarkan jaringan mati yang tersisa di dalam tubuh Fico.

"Saya pikir perlu beberapa hari lagi sampai kita benar-benar tahu arah perkembangan selanjutnya," kata Robert Kaliniak, menteri pertahanan dan wakil perdana menteri, kepada wartawan di rumah sakit.

Namun, Kaliniak menekankan pemerintah tetap bekerja, "Kementerian-kementerian menjalankan semua tugas mereka, tidak ada yang dibekukan atau dihentikan, negara tetap berjalan," katanya kepada wartawan. "Negara ini stabil dan hari ini pasien juga stabil."

Menurut media Barat, Fico lama menjadi sosok yang memecah belah di Slovakia dan sekitarnya. Kembalinya dia ke kekuasaan tahun lalu dengan platform pro-Rusia dan anti-Amerika menyebabkan kekhawatiran di antara anggota Uni Eropa dan NATO bahwa dia akan meninggalkan jalur pro-Barat negaranya, terutama terkait Ukraina.

Sebelumnya pada hari Jumat, pria yang didakwa mencoba membunuh Fico dibawa oleh polisi ke rumahnya. Media lokal melaporkan bahwa itu adalah bagian dari pencarian bukti.

Baca Juga: Detik-Detik Penembakan PM Slovakia Robert Fico, Saksi Mata: Saya Kira Ada yang Lempar Kembang Api

PM Slovakia Robert Fico mengalami luka tembak serius dalam peristiwa penembakan hari Rabu, 15/5/2024, setelah pertemuan Kabinet pada tanggal 15 Mei di kota tengah Handlova, dan langsung dilarikan dan dirawat di rumah sakit, demikian dilaporkan oleh media lokal. (Sumber: France24)

Markiza, stasiun televisi Slovakia, menunjukkan rekaman tersangka dibawa ke rumahnya di kota Levice pada Jumat pagi, dan melaporkan bahwa polisi telah menyita sebuah komputer dan beberapa dokumen. Polisi tidak berkomentar.

Jaksa telah memberi tahu polisi untuk tidak mengidentifikasi tersangka secara publik atau merilis rincian lainnya tentang kasus ini. Penahanan tersangka akan ditinjau pada sidang Sabtu di Pengadilan Kriminal Khusus Slovakia di Pezinok, di luar ibu kota Bratislava.

Laporan media yang belum dikonfirmasi menyebutkan dia adalah seorang pensiunan berusia 71 tahun yang dikenal sebagai penyair amatir, dan mungkin pernah bekerja sebagai petugas keamanan di sebuah pusat perbelanjaan di barat daya negara itu.

Otoritas pemerintah pada Kamis memberikan rincian yang sesuai dengan deskripsi tersebut. Mereka mengatakan tersangka tidak termasuk dalam kelompok politik mana pun, meskipun serangan itu bermotif politik.

Kantor kepresidenan Slovakia hari Jumat mengatakan sedang bekerja untuk mengorganisir pertemuan pemimpin semua partai parlemen pada Selasa. Presiden yang akan mengakhiri masa jabatan, Zuzana Caputova, mengumumkan rencana tersebut bersama dengan Presiden terpilih Peter Pellegrini, yang akan menggantikannya pada pertengahan Juni, dalam upaya untuk mengurangi ketegangan sosial di negara tersebut.

Pada awal invasi Rusia, Slovakia adalah salah satu pendukung terkuat Ukraina, tetapi Fico menghentikan pengiriman senjata ke Ukraina saat dia kembali berkuasa, yang merupakan keempat kalinya dia menjabat sebagai perdana menteri.

Pemerintahan Fico juga telah berusaha untuk merombak penyiaran publik, sebuah langkah yang menurut para pengkritik akan memberi pemerintah kendali penuh atas televisi dan radio publik.

Hal ini, ditambah dengan rencananya untuk mengamandemen konstitusi untuk menghilangkan jaksa anti-korupsi khusus, membuat para penentang khawatir bahwa Fico akan membawa Slovakia ke jalur yang lebih otoriter.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x