Kompas TV regional berita daerah

Upacara Kemerdekaan di Rumah Pengasingan Bung Karno

Kompas.tv - 18 Agustus 2020, 18:07 WIB
Penulis : KompasTV Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.TV - Dengan penuh semangat, puluhan anggota komunitas sepeda antik dan kuno atau sepeda ontel, melaksanakan upacara hari ulang tahun ke-75 Republik Indonesia. Berpakaian ala pejuang kemerdekaan serta beragam pakaian adat, peserta terlihat serius dan khidmat melaksanakan upacara di halaman rumah Sang Proklamator Bung Karno, ketika diasingkan di Bengkulu pada tahun 1938 hingga 1942.

Komunitas sepeda ontel ini mengatakan, mereka sengaja menggelar upacara di lokasi ini untuk membangkitkan kembali semangat kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan dan pendiri bangsa ini.

Selain itu, Bengkulu tidak bisa dilepaskan dari catatan kemerdekaan. Salah satunya yakni perjuangan putri asli Bengkulu Fatmawati yang berjasa besar menjahit bendera merah putih yang dikibarkan pada saat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Usai melakukan upacara, komunitas pencinta sepeda kuno ini kembali melanjutkan napak tilas perjalanan Bung Karno di Bengkulu menggunakan sepeda ontel. Beberapa lokasi yang sering dikunjungi Bung Karno saat diasingkan di Bengkulu antara lain Kawasan Perkampungan Cina, perkampungan nelayan Pantai Malabero, serta Masjid Jamik yang sempat direnovasi oleh Bung Karno.

#HUTRepublikIndonesia #75TahunKemerdekaanRI #RumahBungKarno #Bengkulu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x