Kompas TV regional peristiwa

Kisah ASN Rela Potong Gaji Demi Bagikan Bendera ke Pulau-Pulau Terpencil

Kompas.tv - 16 Agustus 2020, 12:36 WIB
kisah-asn-rela-potong-gaji-demi-bagikan-bendera-ke-pulau-pulau-terpencil
ASN Rela Potong Gaji Demi Bagikan Bendera Ke Pulau-Pulau Terpencil. (Sumber: KOMPAS.COM/JUNAEDI)
Penulis : Fadhilah

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.TV – Seorang penyuluh agama di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sungguh berbaik hati. Dia rela memotong gajinya untuk membeli dan membagi-bagikan ratusan bendera merah putih kepada warga di wilayah pulau-pulau terpencil.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari imbauan menteri sekertaris negara untuk mengibarkan bendera selama Agustus 2020.

Dialah Abdul razak, seorang penyuluh agama kecamatan di Kabupaten Polewali Mandar (Polman). Dia memiliki cara unik dalam memaknai dan menyambut HUT Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia.

Baca Juga: Patriot! Siswa SMA Selamatkan Bendera Merah Putih yang Hanyut

ASN di Kantor Depag Polman ini rela memotong sebagian gajinya untuk membeli ratusan bendera merah putih.

Bendera tersebut bukan untuk dipasanga di ruamhnya, melainkan dibagi-bagikan secara gratis kepada warga di wilayah pulau-pulau terpencil.

Salah satu titiknya adalah Dusun Lendang di Pulau Battoa, yang merupakan salah satu pulau terpencil di Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar.

“Dengan menyemarakkan semangat merah putih hingga ke pelosok desa dan pulau terpencil, semoga nasionalisme bangsa bisa semakin kokoh dan tidak terkoyak oleh apa pun,” jelas Abdul Razak.

Kegiatan ini memang sudah lama diniatkan Abdul Razak. Jauh sebelum perayaan 17 Agustus, ia sudah mulai menyisipkan sebagain gaijinya untuk membeli bendera merah putih.

Cara ini dilakukan sebagai bentuk wujud nasionalisme dirinya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam menyambut Dirgahayu RI ke-75.

Karena masih dalam kondisi pandemi covid-19, ia membagikan bendera dengan cara mendatangi setiap rumah warga secara door to door.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x