Kompas TV pendidikan sekolah

Siap Saja Siswa Penerima PIP Enterprise Februari 2024? Cek Daftarnya di pip.kemdikbud.go.id

Kompas.tv - 22 Februari 2024, 10:00 WIB
siap-saja-siswa-penerima-pip-enterprise-februari-2024-cek-daftarnya-di-pip-kemdikbud-go-id
Berikut adalah cara untuk melakukan pengecekan data siswa Program Indonesia Pintar (PIP) di pip.kemdikbud.go.id Agustus 2023. (Sumber: Kemdikbud)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud) melalui Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa setiap anak di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Program ini dirancang untuk memberikan dukungan finansial kepada siswa dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), termasuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan tujuan utama menghilangkan hambatan ekonomi sebagai penghalang akses pendidikan.

Baca Juga: Cara Sinkronisasi KIP Kuliah dengan SNBP 2024 di kip.kuliah.kemdikbud.go.id

Cara Cek Penerima Bantuan PIP

Untuk mengetahui status penerimaan bantuan PIP, siswa atau wali murid dapat mengunjungi situs resmi PIP Kemdikbud di pip.kemdikbud.go.id.

Informasi penerimaan bantuan dan status pencairannya dapat dilihat dengan mengisi kolom pencarian yang tersedia menggunakan NISN atau NIK siswa, disertai jawaban dari pertanyaan verifikasi.

Baca Juga: Update Cara Cek Data Nama Siswa Penerima PIP Enterprise Februari 2024 di pip.kemdikbud.go.id

Pendaftaran dan Syarat Bantuan PIP

Untuk mendaftar dan menjadi penerima bantuan PIP, siswa yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) bisa memanfaatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW setempat sebagai bukti keberhakannya.

Pendaftaran ini dilakukan langsung di sekolah atau lembaga pendidikan terkait, dengan menyertakan dokumen pendukung yang valid.

Baca Juga: Klik pip.kemdikbud.go.id, Bantuan PIP Enterprise Februari 2024 Kemdikbud Apakah Sudah Dicairkan?

Besaran Bantuan Pendidikan

  1. Siswa SD/SDLB/Paket A menerima bantuan sebesar Rp450.000 per tahun.
  2. Siswa SMP/SMPLB/Paket B mendapatkan bantuan sebesar Rp750.000 per tahun.
  3. Siswa SMA/SMK diberikan bantuan meningkat menjadi Rp1,8 juta per tahun, dari sebelumnya hanya Rp1 juta.

Baca Juga: Program Bantuan PIP Enterprise 2024, Simak Cara Cek Pakai NIK dan NISN di pip.kemdikbud.go.id

Nantinya penerima bantuan PIP diwajibkan mengaktifkan rekening SimPel di bank yang ditunjuk, yaitu BRI untuk siswa SD dan SMP, BNI untuk siswa SMA dan SMK, serta BSI khusus untuk wilayah Aceh.

Aktivasi rekening ini membutuhkan surat keterangan aktivasi dari sekolah serta dokumen identitas siswa, seperti KTP atau kartu pelajar.

Program Indonesia Pintar (PIP) membuktikan komitmen pemerintah dalam mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, dengan harapan tidak ada lagi anak yang harus menghentikan pendidikannya karena alasan ekonomi.

Baca Juga: Bantuan PIP Enterprise Kemdikbud 2024 Februari Sudah Dicairkan? Cek Penerima Pakai NISN dan NIK


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x