Kompas TV pendidikan edukasi

Melihat Makam Istri Thomas Stamford Raffles, Penggagas Kebun Raya Bogor

Kompas.tv - 11 November 2023, 07:30 WIB
melihat-makam-istri-thomas-stamford-raffles-penggagas-kebun-raya-bogor
Makam Olivia Mariamne Raffles, isteri Thomas Stamford Raffles di Museum Prasasti, Jakarta   (Sumber: Kompas.TV/Iman Firdaus-)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Makam itu masih tampak terawat baik. Lokasinya tepat di sebelah kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Tanah Abang, Jakarta. Nama di atas nisan pun masih terbaca dengan jelas ditulis menggunakan bahasa Inggris, Olivia Mariamne Raffles wife of Thomas Stamford Raffles Liutenant Governor of Java. Ya, di sini terbaring jasad isteri dari penguasa kolonial Inggris di Jawa yang termasyhur: Thomas Stamford Raffles (gubernur Hindia Belanda pada masa pemerintahan Inggris 1811-1816 ).

Istri pertama Raffles ini meninggal di Buitenzorg (Bogor) dalam usia 43 tahun. Usia yang terbilang masih sangat muda. Namun, Olivia 10 tahun lebih tua dari suaminya.   

Baca Juga: Kebun Raya Bogor Diselimuti "Salju Cantik" dari Pohon Randu hingga Akhir Agustus 2023

Olivia dikenal suka pada tetumbuhan. Dia adalah sosok yang merintis Kebun Raya Bogor yang masih berdiri sampai saat ini. Kala itu, Raffles enggan berkantor di Batavia yang menurutnya penuh penyakit, terutama malaria. Nah, Bogor dianggap tempat yang cocok untuk bekerja dan bertempat tinggal.

Kebun tempat Raffles dan istrinya tinggal, awalnya hanya kebun kecil di halaman Istana Bogor. Namun sudah mengoleksi banyak tumbuhan.

Baru pada 18 Mei 1817, Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen secara resmi mendirikan Kebun Raya Bogor dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg. Pendiriannya diawali dengan menancapkan ayunan cangkul pertama di sana, sebagai pertanda dibangunnya pembangunan kebun itu. Pelaksanaannya dipimpin oleh Reinwardt sendiri, dibantu oleh James Hooper dan W. Kent (dari Kebun Botani Kew yang terkenal di Richmond, Inggris).

Ketika Kebun Raya Bogor didirikan, Raffles sudah meninggalkan Indonesia. 


Pembangunan Kebun Raya Bogor juga tidak sekali jadi. Pernah tersendat karena masalah dana. Baru pada sekitar 1831 dilanjutkan kembali dengan bantuan seorang ahli kebun istana Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch bernama Johannes Elias Teysmann.

Dibantu Justus Karl Hasskarl, Teysmann berhasil membawa ribuan spesies tumbuhan ke Kebun Raya Bogor dari berbagai negara. Oleh karena itu, untuk menghormati jasanya, di Kebun Raya Bogor dibangun tugu peringatan di Taman Teysmann.

Baca Juga: Raffles Bukanlah Penemu Candi Borobudur, tapi Mandor Rachmat

Selain tugu Teysmann, di sana pun ada tugu kenangan Olivia Raffles, yang dibuat semasa Raffles berkuasa, sebagai pengingat atas jasa sang istri.  

"Raffles membangun tugu kenangan untuk  istrinya di Kebun Raya Bogor, karena Olivia Mariamne Raffles semasa hidupnya  sangat mencintai tumbuh-tumbuhan," demikian keterangan yang tercantum dalam booklet dari Museum Prasasti, tempat makam Olivia kini.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x