Kompas TV kolom opini kompasianer

Raffles Bukanlah Penemu Candi Borobudur, tapi Mandor Rachmat

Kompas.tv - 8 Agustus 2023, 17:41 WIB

Konten ini merupakan kerja sama dengan Kompasiana, setiap artikel menjadi tanggung jawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.tv

raffles-bukanlah-penemu-candi-borobudur-tapi-mandor-rachmat
Kawasan wisata Candi Borobudur. (Sumber: Antara.)
Penulis : Djulianto Susantio

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebermula 1811 dan 1812. Tan Jin Sing bertemu Sir Thomas Stamford Bingley Raffles -- biasa dikenal dengan Thomas Raffles -- di Semarang dan Yogyakarta.

Tan Jin Sing (1760-1831) adalah Kapiten Cina yang pernah memimpin Kadipaten Kedu (1793-1803) dan Kadipaten Yogyakarta (1803-1813). Sementara Raffles saat itu menjabat sebagai Letnan Gubernur Hindia Belanda.

Pada 18 September 1813, Tan Jin Sing dilantik menjadi Bupati Yogyakarta dengan gelar K.R.T. Secodiningrat.

Tan Jin Sing memiliki seorang mandor bernama Rachmat. Karena Raffles tertarik pada candi, pada kesempatan itu Tan Jin Sing mengatakan, sewaktu kecil Rachmat pernah melihat sebuah candi besar di Desa Bumisegoro, dekat Muntilan.

Raffles langsung tertarik dan meminta Tan Jin Sing dalam waktu dekat pergi ke Desa Bumisegoro untuk melihat dengan mata sendiri candi tersebut.

Begitu tertulis pada buku Tan Jin Sing, Dari Kapiten Cina Sampai Bupati Yogyakarta (Pustaka Utama Grafiti, 1990).

Tan Jin Sing dan Rachmat lalu pergi ke Desa Bumisegoro. Sepulang dari sana, Tan Jin Sing berkata kepada Rachmat, menurut taksirannya candi itu sudah berumur 1.000 tahun.

Tan Jin Sing segera menulis laporan dan membuat peta. Ia juga mengusulkan agar diperkenankan menebang pohon-pohon dan membakar semak-belukar di sekeliling bangunan untuk memudahkan pekerjaan mereka yang akan meneliti.

Disinggung pula kebutuhan membuat jalan dari Desa Bumisegoro menuju ke candi. Peta dan laporan kemudian dikirim ke Raffles di Batavia (hal. 70).

Ilustrasi Tan Jin Sing bergelar K.R.T. Secodiningrat (Sumber: Tropenmuseum via Wikipedia)

Digali Mandor Rachmat

Pada awal November 1813, Tan Jin Sing menerima surat dari Raffles tentang rencana kunjungannya ke Semarang pada 10 Januari 1814. Raffles akan datang bersama tim ahli purbakala untuk menuju Desa Bumisegoro guna meninjau Candi Borobudur.



Sumber : Kompasiana


BERITA LAINNYA



Close Ads x