Kompas TV lifestyle travel

Kebun Raya Bogor Diselimuti "Salju Cantik" dari Pohon Randu hingga Akhir Agustus 2023

Kompas.tv - 20 Agustus 2023, 12:17 WIB
kebun-raya-bogor-diselimuti-salju-cantik-dari-pohon-randu-hingga-akhir-agustus-2023
Seorang petugas Kebun Raya Bogor memungut sejumput kapuk atau kapas yang gugur dari Pohon Randu bagaikan salju Agustus 2023. (Sumber: Humas Kebun Raya Bogor)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

BOGOR, KOMPAS.TV - Kebun Raya Bogor diselimuti kapas atau kapuk dari Pohon Randu yang berguguran bagaikan salju di hamparan rerumputan pada bulan Agustus 2023 ini.

Puncak fenomena yang terjadi setahun sekali ini diperkirakan akan berlangsung pada akhir Agustus 2023.

Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin, menjelaskan bahwa fenomena ini sudah terjadi selama tiga hari belakangan.

“Kebun Raya Bogor seperti sedang berada di musim salju, kapuk yang beterbangan ini membuat hamparan Kebun Raya Bogor diselimuti kapuk putih nan indah di atas rerumputan yang hijau,” kata Zaenal melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.tv, Minggu (20/8/2023).

Zaenal menerangkan, terdapat enam pohon Kapuk (Kapok Tree) atau Bahasa latinnya yaitu Ceiba pentandra (L.) Gaertn (Malvaceae) di Kebun Raya Bogor.

Lokasi favorit bagi para pengunjung Kebun Raya Bogor berada di Taman Cappelen yang berlokasi di sekitar Jalan Astrid.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Rombongan Terbatas Bertolak ke Afrika: Kunjungi 4 Negara dan Hadiri KTT BRICS

Pohon kapuk yang ada di Kebun Raya juga banyak tumbuh di pesisir utara Jawa Tengah dan Jawa Timur di ketinggian 300 mdpl. 

Pohon Randu juga dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan tahunan 1500-3000 mm. 

Pada ketinggian yang lebih besar dan banyak hujan, pohon kapuk masih dapat tumbuh subur dan tinggi, namun buah hasil panennya tidak banyak dan sering busuk.

Ukuran pohon ini mencapai 20 meter, besar batangnya lebih dari 50 cm. Untuk berproduksi buah membutuhkan tanah yang cukup subur, dalam, dan gembur,  misalnya tanah vulkanik dan tanah endapan. 

Serat buahnya dipakai untuk pengisi kasur dan bantal. Kulit pohon kapuk berguna sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. 

Kulit pohon kapuk ini bermanfaat bagi penderita kesulitan kencing, kencing batu, obat asma, obat batuk, disentri, serta untuk membersihkan rambut. 

Baca Juga: Sebagian ASN di Jakarta Mulai WFH Besok, Karyawan Swasta Bagaimana?

Informasi selengkapnya terkait fenomena hujan kapuk bak salju di Kebun Raya Bogor ini dapat Anda simak di laman Instagram @kebunraya_id.

Saat ini pembelian tiket masuk wisata ke empat Kebun Raya (Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya Bali) dapat juga dilakukan secara online melalui website www.kebunraya.id.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x