Kompas TV nasional politik

Presiden Jokowi dan Rombongan Terbatas Bertolak ke Afrika: Kunjungi 4 Negara dan Hadiri KTT BRICS

Kompas.tv - 20 Agustus 2023, 11:34 WIB
presiden-jokowi-dan-rombongan-terbatas-bertolak-ke-afrika-kunjungi-4-negara-dan-hadiri-ktt-brics
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan terbatas akan bertolak ke Benua Afrika hari ini, Minggu (20/8/2023) untuk mengunjungi empat negara dan hadiri KTT BRICS. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/Nadia)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta rombongan terbatas bertolak ke Benua Afrika hari ini, Minggu (20/8/2023), untuk mengunjungi empat negara.

"Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan bertolak menuju ke Afrika. Kami akan berkunjung ke empat negara, yaitu ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan," ungkap Presiden Jokowi melalui konferensi pers di Istana Negara, Minggu (20/8/2023).

Jokowi mengaku, kunjungan ini adalah kunjungan pertamanya sebagai presiden Republik Indonesia ke Kawasan Afrika.

Ia menambahkan, Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang, karena Indonesia adalah penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955.

"Indonesia juga berperan penting dalam melahirkan gerakan nonblok saat itu, dan spirit Bandung inilah yang akan saya bawa dalam kunjungan ke Afrika dengan memperkokoh solidaritas dan kerja sama di antara negara-negara Global South," terangnya.

Baca Juga: Sebagian ASN di Jakarta Mulai WFH Besok, Karyawan Swasta Bagaimana?

Jokowi menerangkan, negara Kenya dan Tanzania telah membuka kedutaan besar mereka di Jakarta pada tahun lalu, yakni 2022.

"Ini merupakan komitmen kedua negara tersebut untuk terus memperkuat kerja sama dengan Indonesia," jelasnya.

Ia mengungkapkan, Mozambik merupakan negara Afrika pertama yang memiliki Preferential Trade Agreement (PTA) atau perjanjian dagang dengan Indonesia.

Selain melakukan kunjungan, Jokowi juga akan memenuhi undangan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS atau asosiasi negara Brasil, Rusia, India, China atau Tiongkok, dan Afrika Selatan.

"Di sela-sela KTT BRICS akan dilakukan pertemuan bilateral dengan kepala-kepala negara yang lain," tegasnya.

Baca Juga: Ada 6 Pengalihan Arus Lalu Lintas Jakarta Hari Ini karena Acara Jakarta Half Marathon

Jokowi dan rombongan diperkirakan berada di benua Afrika mulai pekan depan hingga pulang ke tanah air pada Jumat 25 Agustus 2023.

"Insyaallah saya dan rombongan akan tiba kembali di tanah air tanggal 25 Agustus 2023," pungkasnya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x