Kompas TV pendidikan sekolah

Apa Itu Ujian ANBK 2023, Jumlah Soal, dan Bentuk Ujian Peserta Kelas 5 SD

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 11:52 WIB
apa-itu-ujian-anbk-2023-jumlah-soal-dan-bentuk-ujian-peserta-kelas-5-sd
Mendikbudristek Nadiem Makarim meninjau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SDN 01 Sanggau. (Sumber: Dok. Kemendikbudristek)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023, peserta didik jenjang SD, SMP dan SMA akan menghadapi tantangan ujian yang melibatkan sejumlah soal. Kemendikudristek telah merilis informasi terkait ujian ini, termasuk jumlah soal yang harus dijawab. Apa itu ujian ANBK?

ANBK adalah ujian yang bertujuan untuk mengevaluasi sistem pembelajaran yang telah dilakukan oleh siswa.

Ujian ini melibatkan perwakilan dari kelas 5 SD, kelas 8 SMP, dan kelas 11 SMA. Peserta dalam ANBK 2023 dipilih secara acak di setiap satuan pendidikan sesuai ketentuan dari Kementerian.

Baca Juga: Bisa Lewat HP, Berikut Link untuk Cek Penerima PIP Kemdikbud Oktober 2023 SD, SMP, SMA

Sebagaimana dikutip dari Kemdikbud, ujian ANBK mencakup tiga instrumen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).


 

Dalam hal jumlah dan bentuk soal, ANBK 2023 akan memaparkan dua bentuk soal, yaitu objektif dan non-objektif. Soal objektif mencakup pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan isian singkat. Sementara soal non-objektif berupa soal uraian.

Selain itu, komponen AKM akan mengukur literasi membaca dan numerasi, yang mencakup beberapa aspek seperti konten, level kognitif, dan konteks.

Baca Juga: Cek Siswa SD, SMP, SMA Penerima PIP Kemdikbud Oktober 2023 di pip.kemdikbud.go.id via HP

  • Komponen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan numerasi mencakup beberapa aspek, seperti konten, level kognitif, dan konteks, yang terbagi menjadi literasi membaca dan numerasi.
  • Literasi Membaca melibatkan aspek konten seperti Teks Sastra/Fiksi dan Teks Informasi, level kognitif seperti Menemukan informasi, menafsirkan dan mengintegrasikan, serta mengevaluasi dan merefleksi, dan konteks yang mencakup Personal, Sosial Budaya, dan Saintifik.
  • Numerasi juga memiliki aspek konten yang mencakup Bilangan Aljabar, Geometri dan Pengukuran, serta Data dan Ketidakpastian, dengan level kognitif Pemahaman, Aplikasi, dan Penalaran, serta konteks Personal, Sosial Budaya, dan Saintifik.

Baca Juga: Panduan Cek PIP Lewat HP Oktober 2023 di pip.kemdikbud.go.id, Siswa SD, SMP, SMA Dapat Bantuan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x