Kompas TV pendidikan kampus

Mantap, UGM Juara Umum Kontes Robot Terbang Indonesia! Tak Main-main Sabet Gelar Terbaik ke-7 Kali

Kompas.tv - 30 September 2023, 02:00 WIB
mantap-ugm-juara-umum-kontes-robot-terbang-indonesia-tak-main-main-sabet-gelar-terbaik-ke-7-kali
Anggota tim GAMAFORCE tengah mengoperasikan pesawat kontrol dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 di Lampung. Tim Robot Terbang UGM Yogyakarta ini juara untuk ke-7 kalinya. (Sumber: Humas UGM)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Prestasi membanggakan ditorehkan tim robot terbang dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Kontes Robot Terbang Indoensia (KRTI).

Kali ini untuk edisi tahun 2023, tim robot terbang UGM yakni GAMAFORCE kembali menjadi juara umum KRTI dan menjadi gelar juara ketujuh kalinua.

Berlaga pada ajang yang berlangsung 22-27 September 2023 di Lampung, gelar juara umum diraih GAMAFORCE dengan mendominasi perolehan medali yakni 4 medali emas, 2 medali perak, dan 1 juara harapan.

“Dengan kemenangan ini menjadikan GAMAFORCE tujuh kali menyabet Juara Umum KRTI dari tahun 2015 lalu,”ungkap Ketua GAMAFORCE, Yonathan Destianto saat Konferensi Pers di Ruang Fortakgama UGM, Jum'at (28/9).

Ia menjelaskan capaian tim pada kompetisi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tersebut menjadikan GAMAFORCE UGM sebagai juara bertahan KRTI selama tujuh kali sejak tahun 2015 silam.

Baca Juga: Dua Santri Raih Juara Kontes Robot Nusantara

Lima kali secara beruntun menyabet juara umum pada tahun 2015, 2016, 2017, 2018, 2019. Lalu kembali meraih juara umum pada tahun 2021 dan 2023.

Dalam KRTI 2023 ini GAMAFORCE UGM mengirimkan sembilan pesawat tanpa awak. Ada 87 anggota GAMAFORCE yang tergabung dalam empat sub tim GAMAFORCE yang berlaga di KRTI 2023. Empat sub tim tersebut adalah Rasayana, Fiachra Aeromaper, Gadjah Mada Fighting Copter dan Khageswara Technology Development.

“Empat sub tim ini berkompetisi di sembilan kategori lomba dan tujuh diantaranya berhasil membawa gelar juara,” terangnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x