Kompas TV pendidikan sekolah

Kampanye Sekolah Sehat Sasar Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembelajaran Siswa

Kompas.tv - 26 September 2023, 03:20 WIB
kampanye-sekolah-sehat-sasar-peningkatan-kualitas-kesehatan-dan-pembelajaran-siswa
Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek Muhammad Hasbi, Chief Marketing Officer PT AIA FINANCIAL Kathryn Parapak, psikolog Tari Sandjojo, dokter anak Dimple Nagrani, dan Editor in Chief Majalah Bobo David Togatorop dalam acara diskusi Sekolah Sehat, Senin (25/9/2023). (Sumber: Dokumentasi AIA)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Kampanye Sekolah Sehat demi meningkatkan kualitas kesehatan dan pembelajaran siswa di lingkungan pendidikan.

Kampanye ini difokuskan pada tiga aspek, yakni sehat bergizi, sehat fisik, dan sehat imunisasi.

“Sehat bergizi diperoleh dengan memberikan pemahaman gizi seimbang, bagaimana membiasakan konsumsi makanan/minuman yang mengandung gizi seimbang," kata Mendikbudristek Nadiem Makarim, dikutip dari siaran pers AIA Healthiest Schools yang diterima KOMPAS TV, Senin (25/9/2023).

"Sehat fisik dapat dibiasakan melalui Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), melakukan gerakan peregangan saat pergantian jam pelajaran, melakukan permainan rakyat dan olahraga tradisional, dan lain-lain."

"Pada sehat imunisasi, ada tiga hal yang bisa dilakukan yaitu pemetaan status imunisasi, pemberian rekomendasi, dan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap bagi usia sekolah," lanjutnya.

Baca Juga: Choi Siwon Hadir di KTT ASEAN, Ajak Pemimpin Negara untuk Perhatikan Pendidikan dan Kesehatan Anak

Merespons kampanye pemerintah ini, PT AIA Financial didukung Majalah Bobo dari Kompas Gramedia meluncurkan program AIA Healthiest Schools.

Kerja sama ini diluncurkan dengan penyediaan materi pembelajaran yang dapat diadaptasi oleh guru dan sekolah sebagai upaya untuk membangun kebiasaan hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah. 

AIA sendiri mencanangkan empat pilar program untuk menciptakan generasi sehat yang bahagia. Empat pilar tersebut adalah:

  • Pilar Makan Sehat, mengedukasi siswa mengenai pentingnya pola makan yang sehat.
  • Pilar Gaya Hidup Aktif, mendorong siswa untuk lebih aktif bergerak dalam keseharian.
  • Pilar Kesehatan Mental, mengedukasi siswa tentang pentingnya kesehatan mental.
  • Pilar Sehat dan Lestari, mengajak siswa untuk menjaga bumi agar tetap lestari.


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x