Kompas TV pendidikan edukasi

10 Fakta dan 5 Manfaat Bunga Tabebuya untuk Kesehatan, Lebih dari Sekadar Penghias Jalanan

Kompas.tv - 22 September 2023, 02:00 WIB
10-fakta-dan-5-manfaat-bunga-tabebuya-untuk-kesehatan-lebih-dari-sekadar-penghias-jalanan
Bunga Tabebuya yang Memiliki Visual Serupa Dengan Bunga Sakura (Sumber: Kryssia Campos on GettyImages)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Baru-baru ini, di tengah kualitas udara buruknya, Jakarta terlihat cantik karena munculnya bunga Tabebuya yang menghiasi di sepanjang jalan Sudirman.  

Tabebuya yang memiliki nama latin Handroanthus chrysotrichus ini sering dikira sebagai bunga Sakura oleh kebanyakan orang, karena bunganya yang memiliki bentuk dan warna seperti bunga sakura. Namun sebenarnya, kedua tanaman ini tidak berkerabat.

Pohon Tabebuya memiliki kelebihan, seperti daunnya yang tidak mudah rontok, akar dan batangnya yang keras tetapi tidak merusak rumah atau tembok, dan bunganya yang terlihat sangat indah dan lebat.

Selain visual yang dimiliki, bunga Tabebuya ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut adalah fakta-fakta dan manfaat dari bunga Tabebuya yang jarang orang ketahui. 

1. Asal-usul Bunga Tabebuya

Meskipun serupa dengan bunga Sakura, Tabebuya berasal dari Amerika dan dikenal dengan nama pohon terompet merah muda.

Pohon ini adalah tanaman asli Amerika yang menyebar ke seluruh dunia, termasuk hutan Amazon di Brasil. Nama "Tabebuya" sendiri berasal dari bahasa Brasil, yaitu Tabebuia serratifolia.

2. Warna-warna yang Mencolok

Tabebuya memiliki lebih dari 100 jenis dalam keluarga Tabebuia. Ciri khas utamanya adalah warna bunganya yang mencolok.

Selain merah muda, kamu juga dapat menemukan Tabebuya berwarna emas, putih cerah, ungu, atau merah. Tingginya bervariasi dari 7,5 meter hingga 49 meter, dengan daun berwarna keperakan yang menghiasi hampir semua varietasnya.

Baca Juga: Fakta Unik Bunga Tabebuya, Apa Bedanya dengan Bunga Sakura?

3. Tantangan dalam Menanam Tabebuya

Menanam Tabebuya bukanlah hal yang mudah. Pohon ini tumbuh tidak teratur dan memerlukan tanah yang baik untuk mendukung pertumbuhannya. Tentunya diperlukan perawatan yang cermat untuk memastikan Tabebuya dapat berkembang dengan baik.

4. Tumbuh pada Musim yang Berbeda di Setiap Negara

Di Indonesia, Tabebuya mekar sekitar bulan Maret dan April, sementara di negara bagian selatan, kamu bisa melihatnya tumbuh pada bulan Juli hingga September. Varietas yang tumbuh di India, sebaliknya, tumbuh subur pada akhir tahun, sekitar bulan Desember hingga Januari.

5. Cocok untuk Tanaman di Luar Ruangan

Penelitian dari University of Florida menunjukkan bahwa Tabebuya sangat cocok untuk dijadikan tanaman luar ruangan, selama mendapat sinar matahari penuh dan tanah subur dengan tingkat kelembaban yang tepat. Biasanya, Tabebuya ditempatkan di daerah perkotaan dan ruang terbuka yang luas.

6. Kehidupan yang Tahan Lama

Tabebuya memiliki ketahanan yang baik terhadap hama dan penyakit. Namun, perawatan rutin dan pemangkasan pada batang tua dan kayu mati perlu dilakukan karena masa mekar Tabebuya yang singkat.

Baca Juga: Keindahan Bunga Tabebuya Yang Bermekaran Seperti Bunga Sakura

7. Banyak Julukan Nama



Sumber : Gramedia.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x