Kompas TV pendidikan edukasi

Penjelasan Teks Eksplanasi: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri dan Contohnya

Kompas.tv - 20 Agustus 2023, 13:13 WIB
penjelasan-teks-eksplanasi-pengertian-struktur-ciri-ciri-dan-contohnya
Ilustrasi gambar orang menulis. Berikut penjelasan teks eksplanasi, pengertian, struktur, ciri-ciri dan contohnya (Sumber: djkn.kemenkeu.go,id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Teks eksplanasi merupakan salah satu jenis teks yang biasanya dipelajari di bangku sekolah. Mempelajari teks eksplanasi sangat penting untuk pembuatan esai, berita dan artikel yang menjelaskan suatu peristiwa.

Teks eksplanasi dibuat untuk menggambarkan satu atau lebih peristiwa sehingga pembaca dapat mengumpulkan informasi penting dari apa yang sedang dijelaskan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman penjelasan mengenai teks eksplanasi mulai dari pengertian, struktur, citi-ciri dan contohnya, dikutip dari berbagai sumber, Minggu (20/8/2023).

Pengertian Teks Eksplanasi

Pada dasarnya, teks eksplanasi adalah tulisan yang berisi tentang “alasan” dan “metode” proses terjadinya suatu peristiwa sejelas-jelasnya.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Teks Argumentasi: Pengertian, Tujuan, Struktur, Ciri-ciri dan Contohnya

Menurut penulis Tomi Rianto, teks eksplanasi sebagai format tekstual yang menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi seperti peristiwa alam, peristiwa sosial, peristiwa budaya, peristiwa ilmiah, dan sebagainya.

Sementara itu, menurut Restuti, teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena alam maupun sosial. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang penjelasan atas suatu proses yang berkaitan dengan bagaimana dan mengapa suatu peristiwa itu terjadi.

Struktur Teks Eksplanasi

1. Pernyataan umum

Pada bagian ini berisi satu pernyataan umum tentang suatu topik. Berisi penjelasan proses terjadinya, proses keberadaannya, proses terbentuknya, dan sebagainya.

Pernyataan umum ini bersifat ringkas, menarik, dan jelas sehingga mampu membangkitkan minat pembaca untuk membaca secara detailnya.

Dalam pernyataan umum juga memuat hal-hal yang menjawab pertanyaan tentang peristiwa tersebut, khususnya pertanyaan “Apa?”, “Kenapa?”, dan “Bagaimana”?

2. Penjelasan

Pada bagian ini memuat penjabaran proses kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya penjelas bisa terdiri dari beberapa paragraf.

Bagian penjelasan bukan semata-mata berfungsi menjelaskan fenomena itu sendiri, melainkan lebih menekankan pada proses fenomena itu dapat terjadi.

Baca Juga: Isi Pidato Soekarno dan Teks Proklamasi saat Detik-Detik Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945




Sumber : Gramedia, kemdikbud.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x