Kompas TV pendidikan kampus

Profil 6 Sekolah Kedinasan di Jawa Timur, Lulus Bisa Kerja Jadi Abdi Negara

Kompas.tv - 7 Agustus 2023, 06:35 WIB
profil-6-sekolah-kedinasan-di-jawa-timur-lulus-bisa-kerja-jadi-abdi-negara
Ilustrasi. Terdapat sejumlah sekolah kedinasan di Provinsi Jawa Timur untuk seseorang yang ingin menjadi abdi negara. Sekolah kedinasan sendiri kerap diburu siswa karena berpeluang langsung menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) begitu lulus. (Sumber: Instagram/@sekolah_kedinasan)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Terdapat sejumlah sekolah kedinasan di Provinsi Jawa Timur yang bisa dimasuki jika seseorang ingin menjadi abdi negara. Sekolah kedinasan sendiri kerap diburu siswa karena berpeluang langsung menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) begitu lulus.

Akan tetapi, tidak semua sekolah kedinasan berstatus ikatan dinas yang langsung menyalurkan lulusan ke instansi tertentu. Meskipun demikian, prospek kerja lulusan sekolah kedinasan tanpa ikatan dinas masih terbuka lebar.

Baca Juga: Daftar Sekolah Kedinasan yang Buka Seleksi Calon Taruna/Praja/Mahasiswa di 2023

Sebagaimana disarikan Kompas.com, berikut profil enam sekolah kedinasan di Provinsi Jawa Timur, empat di antaranya membawahi Kementerian Perhubungan RI.

6 Sekolah Kedinasan di Jawa Timur

1. Politeknik Penerbangan Surabaya 

Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya adalah salah satu sekolah kedinasan yang membawahi Kemenhub. Poltekbang bisa memfasilitasi lulusan SMA sederajat untuk menjadi ASN yang berkiprah di bidang aviasi.

Poltekbang Surabaya beralamat di Jalan Jemur Andayani I No.73 Surabaya. Sekolah kedinasan ini memiliki beberapa prodi seperti Lalu Lintas Udara, Komunikasi Penerbangan, Manajemen Transportasi Udara, Teknik Listirk Bandar Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, dan Teknik Pesawat Udara.

2. Akademi Angkatan Laut Surabaya

Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya memilik sejumlah prodi bagi lulusan SMA sederajat yang tertarik berkiprah di bidang maritim, di antaranya Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, Manajemen Pertahanan Matra Laut, Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat, Teknik Mesin Kapal Perang, serta Teknik Elektronika Kapal Perang.

Akademi Angkatan Laut Surabaya beralamat di Bumimoro, Morokembangan, Surabaya.

3. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya (Poltekkes Kemenkes Surabaya) berada di bawah Kementerian Kesehatan RI.

Poltekkes Surabaya memiliki beberapa prodi, di antaranya Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, Teknik Elektronik, Keperawatan Gigi, Analis Kesehatan dan Gizi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x