Kompas TV pendidikan beasiswa

Mengenal Apa itu Beasiswa PIP dan Besaran Bantuannya

Kompas.tv - 14 Juni 2023, 00:16 WIB
mengenal-apa-itu-beasiswa-pip-dan-besaran-bantuannya
Ilustrasi beasiswa. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Banyak program-program yang terus digalakan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka melakukan pemerataan pendidikan, salah satu di antaranya adalah beasiswa Program Indonesia Pintar Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PIP Dikdasmen).

Beasiswa PIP ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat yang sangat membutuhkan biaya pendidikan bagi anaknya yang sedang mengenyam pendidikan dasar maupun menengah. 

Lantas apa itu beasiswa PIP? Berapa besaran bantuan yang akan diperoleh dari beasiswa PIP?

Dilansir dari laman resmi Puslapdik Kemendikbud, Senin (12/6/2023) berikut adalah penjelasan mengenai apa itu beasiswa PIP dan besaran bantuan yang akan diterima siswa. Simak Informasinya. 

Baca Juga: Kemenag Buka Pendaftaran Beasiswa Indonesia Bangkit 2023: Ini Cara Daftar, Seleksi, dan Benefitnya

Seperti yang sudah disebutkan di awal, program bantuan PIP Dikdasmen memiliki tujuan yaitu membantu biaya personal pendidikan peserta didik dalam rangka meningkatkan akses bagi anak usia 6 tahun sampai 21 tahun.

Untuk mendukung pelaksanaan wajib belajar 12 tahun, para siswa bisa mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah.

Tujuan lainnya dari Program PIP Dikdasmen ini adalah mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi. 

Selain itu juga diharapkan mampu menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan sekolah agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah dan satuan pendidikan non-formal.

Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang berasal dari kalangan ekonomi yang kurang mampu dan memiliki anak usia sekolah.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x