Kompas TV pendidikan edukasi

5 Hewan Teratas yang Punya Kentut Paling Bau dan Mematikan, Sigung Nomor Satu

Kompas.tv - 10 Februari 2023, 14:41 WIB
5-hewan-teratas-yang-punya-kentut-paling-bau-dan-mematikan-sigung-nomor-satu
Ilustrasi - Hewan-hewan yang mempunyai kentut paling bau (Sumber: bobo.grid.id)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS.TV – Kentut menandakan aktivitas bakteri di usus dan pencernaan bekerja sebagaimana mestinya. Selain manusia, hewan juga bisa mengeluarkan kentut.

Beberapa hewan bahkan bisa  mengeluarkan bau kentut yang menyengat dan bisa juga membahayakan kesehatan tubuh manusia. 

Lantas, hewan apa yang kentutnya paling bau di dunia? Berikut kentut hewan paling bau mematikan yang dirangkum dari Gramedia.com:

1. Sigung

Sigung adalah mamalia dengan bulu hitam dan putih. Ia merupakan hewan soliter yang mencari mangsa di malam hari.

Hewan omnivora ini biasanya memakan serangga, cacing tanah, tikus, katak, ular, burung, dan telur. Selain itu, sigung juga memakan buah, akar, jamur, dan daun. 

Saat terancam, sigung menjatuhkan bom bau. Namun sebelum itu, ia akan memberi isyarat kepada musuhnya terlebih dahulu dengan mendesis, menghentakkan kakinya, atau mengangkat ekornya ke udara.

Semburan bau kentutnya bisa mencapai jarak 3,6 meter ke arah kanan, kiri, atas atau lurus ke depan. Pertahanan dari sigung dapat menyebabkan iritasi dan kebutaan. Semprotannya tidak mematikan tetapi baunya cukup untuk mengusir predator dengan cepat dari area tersebut, dan baunya biasanya bertahan selama beberapa hari. 

Baca Juga: Ketahui Tipe-tipe Kentut, Ternyata Ada yang Harus Diwaspadai Loh!

2. Tasmanian Devil

Hewan aneh ini hanya hidup di Tasmania, Australia. Tasmanian devil adalah mamalia yang tidak terlalu besar yang terlihat mengerikan tetapi sebenarnya tidak berbahaya. 

Saat merasa terancam, Tasmania devil akan stres yang kemudian mengeluarkan bau tak sedap. Kentutnya yang bau adalah cara mereka melindungi diri dari pemangsa.

3. Trenggiling



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x