Kompas TV otomotif otonews

Jangan Terlewat! Ini Daftar Provinsi yang Masih Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan 2023

Kompas.tv - 21 Juli 2023, 14:39 WIB
jangan-terlewat-ini-daftar-provinsi-yang-masih-gelar-pemutihan-pajak-kendaraan-2023
Ilustrasi. Pemutihan pajak kendaraan digelar di sejumlah provinsi di Indonesia, mulai dari Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah hingga DKI Jakarta. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemutihan pajak kendaraan digelar di sejumlah provinsi di Indonesia, mulai dari Sulawesi Tenggara, Jawa Tengah hingga DKI Jakarta.

Pemutihan pajak adalah kebijakan pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam membayar pajak dengan cara menghapus denda dan memberi diskon.

Program ini juga memberikan insentif berupa pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) bagi kedua belah pihak yang ingin melakukan proses pemindahan kepemilikan kendaraan.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa program pemutihan pajak ini berlaku dalam periode tertentu saja.

Untuk melaksanakan proses pemutihan pajak, pemilik kendaraan wajib menyiapkan beberapa dokumen yang diperlukan, antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi: Dokumen identitas pribadi pemilik kendaraan diperlukan untuk memverifikasi data.
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi: STNK asli harus dibawa sebagai bukti kepemilikan kendaraan yang valid.
  • Laporan kehilangan STNK dari kepolisian (jika STNK kendaraan bermotor hilang): Jika STNK kendaraan hilang, pemilik kendaraan perlu menyertakan laporan kehilangan dari kepolisian sebagai bukti.
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan/atau fotokopi: BPKB asli dan/atau fotokopi diperlukan sebagai bukti kepemilikan kendaraan dan data yang akurat.

Daftar Provinsi yang Gelar Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor

1.  Sulawesi Tenggara

Pemutihan pajak kendaraan di Sulawesi Tenggara digelar sejak 22 Mei 2023 hingga 31 Juli 2023. Provinsi ini menggelar program pemutihan pajak yaitu pembebasan tunggakan PKB, pembebasan sanksi administratif, pembebasan BBNKB II, dan pembebasan denda Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

2. Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah menggelar program pemutihan pajak kendaraan sampai 31 Agustus 2023.

Terdapat tiga keringanan yang diberikan, yakni pembebasan denda PKB karena menunggak satu tahun atau lebih, pembebasan BBNKB II termasuk pokok dan dendanya, dan pembebasan pajak progresif untuk kendaraan bermotor roda empat. 

Baca Juga: Tak Perlu Repot, Ini Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor secara Online di Livin’ by Mandiri

3. Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung menggelar program pemutihan pajak hingga 30 September 2023.

Dalam program tersebut masyarakat dapat memanfaatkan bebas BBNKB 2, bebas denda pajak dan diskon pokok tunggakan pajak.

4. Sumatera Utara

Pemprov Sumatera Utara memberikan berbagai insentif, seperti pembebasan denda PKB dan BBNKB II, bebas pokok BBNKB II, bebas pajak progresif, bebas pokok tunggakan PKB tahun III.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x