Kompas TV olahraga sepak bola

Cerita Ragnar Oratmangoen Menikmati Puasa Ramadan di Indonesia untuk Pertama Kalinya

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 21:30 WIB
cerita-ragnar-oratmangoen-menikmati-puasa-ramadan-di-indonesia-untuk-pertama-kalinya
Pemain timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen ketika ditemui ANTARA di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (19/3/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Zaro Ezza Syachniar)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemain Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen mengaku bahagia dan sangat menikmati suasana puasa bulan Ramadan pertamanya di Indonesia.

Seperti yang diketahui, Ragnar baru saja merampungkan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Senin (18/3/2024) malam.

Setelah resmi menjad WNI, pemain klub Fortuna Sittard itu pun bisa bergabung bersama pemain lain untuk membela Timnas Indonesia.

Ragnar pun mengaku sangat menikmati bulan puasa di Indonesia karena mempunyai banyak rekan setim yang menjalankan ibadah puasa.

“Ya, itu adalah hal yang baik saya mendengar banyak orang di tim yang adalah muslim, jadi bagi saya ini adalah alasan yang baru,” kata Ragnar saat ditemui di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (19/3/2024) dikutip dari Antara.

Pesepak bola berusia 26 tahun  itu mengatakan bahwa mempunyai rekan satu tim yang banyak berpuasa adalah sesuatu hal yang “istimewa” baginya.

“Biasanya saya berada di tim dengan dua atau tiga atau empat pemain yang melakukan Ramadan dan sekarang kami bersama dengan sebagian besar pemain jadi ya, itu adalah hal yang istimewa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ragnar juga merasakan keindahan selama berada di Indonesia ketika ia mendengar adzan salat lima waktu yang merupakan sesuatu yang cukup asing baginya selama berkarier di Belanda.

Baca Juga: Timnas Indonesia Disindir Vietnam karena Banyak Naturalisasi, Shin Tae-yong Beri Jawaban Menohok

“Ya, bagi saya pertama kali saya mendengarnya saat saya berlatih di latihan,” tuturnya.

“Saya berlatih atau kami telah berlatih dan saya mendengar adzan, dan bagi saya itu adalah hal yang sangat indah dan juga untuk mengalami dan mendengarnya dengan berdoa dengan suara, itu sangat sangat menarik untuk mendengarnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ragnar juga bercerita perjalanannya menjadi seorang mualaf.

Ragnar mengungkapkan bahwa dirinya dulu adalah penganut agama Kristiani. Ia kemudian memutuskan untuk memeluk agama Islam pada usia 15 tahun sering diajak temannya untuk pergi ke masjid.

“Pada saat itu, mereka membawa saya ke masjid tentang Tuhan dan agama, dan bagaimana itu bisa membantu Anda dalam hidup dan itu menyentuh saya dan membiarkan saya membuat keputusan untuk menjadi muslim,” kisahnya.

Ragnar Oratmangoen bersama rekan-rekannya di Timnas Indonesia saat ini tengah bersiap untuk menghadapi Vietnam di pertandingan Kualifikasi Piala Duni 2026 Zona Asia.

Mengingat proses naturalisasinya baru rampung, ia tidak akan bermain ketika Timnas Indonesia menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Ragnar kemungkinan besat bisa melakukan debut berseragam Timnas Indonesia ketika menghadapi Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa, 26 Maret 2024.

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Vietnam: Shin Tae-yong dan Philippe Troussier Sama-Sama Targetkan 3 Poin


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x