Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Disindir Vietnam karena Banyak Naturalisasi, Shin Tae-yong Beri Jawaban Menohok

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 17:40 WIB
timnas-indonesia-disindir-vietnam-karena-banyak-naturalisasi-shin-tae-yong-beri-jawaban-menohok
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dalam konferensi pers jelang laga Indonesia vs Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Rabu (20/3/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong memberikan jawaban menohok terkait sindiran media Vietnam kepada Timnas Indonesia yang banyak menggunakan pemain naturalisasi atau diaspora.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada pertandingan ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (21/3/2024) besok.

Jelang duel Indonesia vs Vietnam itu, PSSI melakukan sejumlah langkah cepat untuk memberi sejumlah pemain diaspora kewarganegaraan Indonesia.

Alhasil, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen hingga Thom Haye pun telah resmi menjadi WNI dan bisa membela Timnas Indonesia.

Sekarang, Timnas Indonesia diperkuat oleh 11 pemain diaspora dari total 28 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong. 

Namun langkah tersebut mendapat sindiran dari media Vietnam. Terkait hal tersebut, Shin Tae-yong pun menolak untuk terpengaruh oleh sindiran yang dilontarkan pihak Vietnam. 

Pelatih berusia 53 tahun ini bahkan memberi jawaban menohok agar semua pihak untuk memahami aturan naturalisasi yang berlaku dalam dunia sepak bola.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Vietnam: Garuda Wajib Raih Kemenangan di GBK

Shin Tae Yong menyebut bahwa pemain diaspora dengan darah asli Indonesia memiliki hak untuk membela Merah Putih.

"Apa yang dibicarakan oleh wartawan-wartawan Vietnam mungkin saya bisa buka suara. Bahwa zaman sekarang merupakan zaman global. Sandy Walsh yang ada di sebelah saya ini di dalam tubuh dia pun ada darah Indonesia," kata Shin Tae-yong dalam konferensi jelang pertandingan Indonesia vs Vietnam, Rabu (20/3/2024).

"Saya ingin menegaskan, bahwa jika tidak ada darah Indonesia, mereka tidak bisa dinaturalisasi. Jadi jangan ada yang salah sangka soal masalah ini," ujarnya.

"Intinya, pemain yang dinaturalisasi sudah punya darah Indonesia, untuk itu mereka layak mendapatkan paspor Indonesia dan mereka layak mengenakan lambang Garuda di dada mereka. Ke depannya, jalan kami masih panjang untuk menjadikan Timnas Indonesia untuk lebih berkembang," kata Shin Tae-yong.

Pertandingan antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3/2024) malam.

Selanjutnya, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan giliran tandang ke Stadion My Dinh, Hanoi, untuk menghadapi Vietnam pada Selasa (26/3/2024). 

Baca Juga: Perkuat Timnas, Pengamat Sepak Bola Minta PSSI Imbangkan Naturalisasi dan Bibit Muda Lokal



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x