Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Disindir Banyak Pemain Keturunan Belanda, Sandy Walsh: Mungkin Vietnam Iri

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 20:05 WIB
timnas-indonesia-disindir-banyak-pemain-keturunan-belanda-sandy-walsh-mungkin-vietnam-iri
Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh, merayakan gol yang dicetaknya dalam laga grup D Piala Asia 2023 antara Jepang dan Indonesia di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu, 24 Januari 2024. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bek Timnas Indonesia Sandy Walsh menilai pemain Vietnam Do Duy Manh yang menyindir apakah mereka akan menjalani laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Indonesia atau Belanda adalah bentuk rasa iri. 

Komentar Do Duy Manh tersebut merujuk kepada banyaknya pemain keturunan Belanda di skuad Timnas Indonesia. 

Seperti diketahui ada sembilan pemain keturunan yang dipanggil Shin Tae-yong untuk melawan Vietnam, yakni Justin Hubner, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Rafael Struick, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, dan Marc Klok.

Sejatinya masih ada tiga pemain keturunan lagi yang mendapat panggilan Shin Tae-yong. Tetapi Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama masih dililit cedera. 

Baca Juga: Timnas Indonesia vs Vietnam: Shin Tae-yong dan Philippe Troussier Sama-Sama Targetkan 3 Poin

Mengetahui komentar tersebut, Sandy Walsh sedikit kaget. Dia menegaskan bahwa pemain keturunan tetaplah orang Indonesia. 

Lebih lanjut Sandy Walsh menilai pemain Vietnam itu iri dengan Timnas Indonesia.

"Kami semua orang Indonesia. Tentu saja akan ada kritikan, tetapi kami semua orang Indonesia, kami semua satu tim, kami mewakili negara ini. Kami, teman-teman setim saya, kami berjuang bersama," kata Sandy pada sesi jumpa pers jelang, Rabu (20/3/2024) dikutip dari Antara. 

"Mungkin mereka iri karena banyak pemain kami yang bermain di Eropa, tetapi kami punya dan darah Indonesia."

Baca Juga: Timnas Indonesia Disindir Vietnam karena Banyak Naturalisasi, Shin Tae-yong Beri Jawaban Menohok

"Kami pun merasa beruntung karena punya banyak pemain berkualitas yang berkompetisi di Eropa, jadi kami akan menunjukkannya besok," ujarnya.

Terlepas dari itu, duel Timnas Indonesia vs Vietnam dijadwalkan berlangsung besok, Kamis (21/3/2024) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Hasil pertandingan ini akan sangat krusial bagi nasib Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Untuk sementara, skuad Garuda masih menempati posisi terbawah Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan koleksi 1 poin dari 2 laga. Di peringkat satu ada Irak (6 poin), lalu ada Vietnam (3 poin), dan Filipina (1 poin). 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x