Kompas TV olahraga sepak bola

Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Ambil Sumpah WNI Pekan Depan

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 02:30 WIB
thom-haye-dan-ragnar-oratmangoen-ambil-sumpah-wni-pekan-depan
Thom Haye saat menjalani medical check up di RS Mitra Keluarga Cibubur, Jawa Barat, Jumat (29/12/2023) pagi, sebagai syarat proses naturalisasi. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua calon pemain Timnas Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, dijadwalkan akan mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada pekan depan. Hal itu diungkapkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Semula, Thom dan Ragnar direncanakan mengambil sumpah WNI pada 12 dan 13 Maret lalu. 

Erick menjelaskan, dokumen proses naturalisasi kedua pemain tersebut saat ini sudah ditandatangani oleh DPR RI dan telah masuk ke Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg) untuk penerbitan Keputusan Presiden (Keppres) untuk pengambilan sumpah WNI naturalisasi. 

“Memang kan kebetulan ada libur yang kadang-kadang, semua lah termasuk saya termasuk fan sepak bola ya memang libur, kita harus nunggu suratnya,” ucap Erick di Jakarta, Kamis (14/3/2024), dikutip dari Antara.

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia, Ada Jay Idzes hingga Thom Haye

"Kemarin alhamdulillah dari pimpinan DPR sudah keluar, kita sudah terima kemarin sore, lalu hari ini masuk ke Mensesneg, semoga satu dua hari ini bapak Presiden bisa mengeluarkan suratnya. Dan minggu depan kembali diangkat sumpah untuk Thom dan Ragnar."

“Kita mendorong percepatan-percepatan yang kita lakukan untuk Thom dan Ragnar karena ada surat-surat yang menyusul kemarin karena dalam naturalisasi ini kan perlu kelengkapan surat, apalagi sudah didorong dari DPR ke Presiden dan untuk disumpah, tapi semua berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Dengan demikian, Thom dan Ragnar diperkirakan tidak bisa melakukan debut bersama Timnas Indonesia di pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam pada 21 Maret mendatang. 

Kedua pemain tersebut mungkin baru bisa bermain untuk Timnas Garuda pada laga kedua kontra Vietnam di Hanoi pada 26 Maret 2024.

“Tergantung nanti, proses daripada kan ini harus KTP, paspor, pendaftaran, ini masih ada proses bukan berarti selesai. Ya kita coba untuk Thom dan Ragnar bisa bergabung lawan Vietnam di tanggal 26 Maret,” katanya.

Baca Juga: Jay Idzes: Membela Timnas Indonesia Suatu Kehormatan Besar bagi Saya dan Keluarga


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x