Kompas TV olahraga sepak bola

Besok, DPR Proses Naturalisasi Thom Haye dan Dua Pemain Keturunan Lainnya

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 21:20 WIB
besok-dpr-proses-naturalisasi-thom-haye-dan-dua-pemain-keturunan-lainnya
Profil Thom Haye, pemain sc Heerenveen yang tertarik bela Timnas Indonesia. (Sumber: Instagram @thomhaye)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi III dan Komisi X DPR RI dijadwalkan membahas proses naturalisasi tiga pemain sepak bola keturunan Indonesia pada Kamis (7/3/2024). 

Ketiga pemain yang dimaksud adalah Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes. 

Pihak DPR RI sudah menerima berkas naturalisasi ketiga pemain tersebut dalam Rapat Paripurna yang berlangsung kemarin, Selasa (5/3/2024). Surat tersebut dibacakan oleh Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad selaku pimpinan rapat.

"Pimpinan DPR RI telah menerima tiga pucuk surat dari Presiden RI yaitu Nomor R05 tanggal 5 Februari 2024, hal tentang permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama saudara Ragnar Antonius Maria Oratmangoen, R09 tanggal 8 Februari 2024 atas nama Thom Jan Marinus Haye, R10 tanggal 28 Februari 2024 atas nama Maarten Vincent Paes,” kata Dasco, dikutip dari Tribunnews. 

Baca Juga: Profil Thom Haye, Pemain sc Heerenveen yang Tertarik Bela Timnas Indonesia

"Maka berkenaan dengan surat-surat tersebut, kami minta persetujuan rapat paripurna hari ini untuk menugaskan Komisi III dan Komisi X DPR RI guna membahas surat tersebut dan hasil pembahasannya dilaporkan kepada pimpinan dan selanjutnya disampaikan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti," sambungnya.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, PSSI juga berupaya mempercepat proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar agar dapat bisa langsung membela Timnas Indonesia di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam pada 21 Maret dan 26 Maret 2024 mendatang. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan, pihaknya saat ini tengah mengebut proses naturalisasi kedua pemain keturunan Belanda itu.

“Yang pasti kami bersama dengan Pak Sekjen dan Pak Arya akan mengurus proses Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bisa tuntas pertengahan Maret ini sehingga mereka bisa tampil saat melawan Vietnam. Itu dulu yang naturalisasi,” kata Erick di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Baca Juga: Profil Jay Idzes, Pemain Naturalisasi Teranyar Timnas Indonesia yang Sudah Resmi Jadi WNI

 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x