Kompas TV olahraga sports

Alasan Menpora Undang Red Sparks untuk Tanding di Laga Eksibisi Jelang Proliga 2024

Kompas.tv - 27 Februari 2024, 13:48 WIB
alasan-menpora-undang-red-sparks-untuk-tanding-di-laga-eksibisi-jelang-proliga-2024
Megawati Hangestri Pertiwi mencetak 22 poin untuk membawa Red Sparks mengalahkan Hyundai Hillstate di laga lanjutan Korean V-League, Minggu (29/10/2023). (Sumber: KOVO)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo membeberkan alasannya mengundang tim Korea Selatan, Daejeon Jung Kwan Jang Red Sparks, untuk laga eksebisi jelang Proliga 2024.

Menpora Dito menilai, laga tim Indonesia melawan Red Sparks yang diperkuat opposite Timnas Voli Wanita Indonesia, Megawati Hangestri Pertiwi, bisa menjadi suntikan bagi industri voli di Indonesia.

"Kami ide untuk pembukaan Proliga ini sebagai penyuntik industri voli, kami undang Red Sparks agar bisa bertanding eksibisi bersama tim Indonesia," kata Dito pada Senin (26/2/2023) dikutip dari Antara.

Menurut Dito, animo masyarakat Tanah Air terhadap olahraga bola voli begitu tinggi. Apalagi sekarang juga ada momentum penampilan apik yang ditunjukkan Megawati di Red Sparks serta hadirnya venue Indonesia Arena.

"Menurut saya saat ini perkembangan industri bola voli ini sedang meningkat dan ketika ini kita ada venue baru di Indonesia Arena, dimana saya lihat ini bisa keren kalau dibikin voli situ," lanjutnya.

"Alhamdulillah Red Sparks juga sedang MVP-nya dari Indonesia (Megawati) dan saya rasa animo masyarakat tinggi," imbuh Dito.

Kabar datangnya tim Red Sparks ke Indonesia sudah muncul beberapa pekan belakangan setelah Menpora Dito Ariotedjo mengunggah video saat dirinya berbincang secara daring bersama Megawati Hangestri Pertiwi di Instagram-nya.

Baca Juga: Pelatih Lawan Akui Kehebatan Megawati Hangestri: Dia Sulit untuk Dihadapi

Saat itu, Dito mengatakan siap atau tidak jika Red Sparks diundang ke Indonesia. Megawati kemudian menjawab bahwa timnya itu siap asal difasilitasi.

Sementara itu, pemain asing Red Sparks asal Amerika Serikat, Giovanna Milana atau akrab yang disapa Gia, juga tampak senang jika bisa bertanding di Indonesia. Meski begitu, belum diketahui kapan Red Sparks akan datang ke Indonesia.

Megawati bersama Red Sparks saat ini sedang dalam performa bagus dan berhasil menduduki peringkat ketiga klasemen Korean V-League Women.

Jika bisa mempertahankan posisinya ini, Red Sparks akan lolos ke babak play-off untuk memperebutkan gelar juara.

Sedangkan Proliga 2024 sendiri akan berlangsung di sembilan kota di Indonesia mulai 25 April hingga 21 Juli 2024 mendatang. 

Klub peserta Proliga 2024 putra terdiri dari enam peserta yaitu juara bertahan Jakarta LavAni Allobank, Jakarta Bhayangkara Presisi, Jakarta STIN BIN, Jakarta Pertamina Pertamax, Palembang Bank SumselBabel dan Kudus Sukun Badak.

Di sektor putri diikuti tujuh tim yakni juara bertahan Bandung Bank bjb Tandamata, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Fastron, Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, Jakarta BIN, Jakarta Elektrik PLN, dan pendatang baru Jakarta Livin Mandiri.

Gelanggang Olahraga (GOR) Among Rogo, Yogyakarta, dijadwalkan menjadi venue pembuka kompetisi bola voli profesional, Proliga 2024 pada 25 April 2024. 

Baca Juga: Megawati Kalahkan Ratu Voli Korea Selatan di Daftar Top Skor, Pelatih Red Sparks Ungkap Kunci Sukses


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x