Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Piala Asia 2023, Stamina Masih Jadi Masalah Utama Timnas Indonesia

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 23:55 WIB
jelang-piala-asia-2023-stamina-masih-jadi-masalah-utama-timnas-indonesia
Skuad Timnas Indonesia menjalani latihan perdana pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, di di lapangan samping Hotel Titanic Deluxe Golf Belek, Kamis (21/12/2023 (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

ANTALYA, KOMPAS.TV - Pelatih fisik Timnas Indonesia Shin Sang-gyu mengungkapkan stamina masih menjadi masalah utama skuad Garuda menjelang Piala Asia 2023. 

Untuk diketahui, Timnas Indonesia tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Turki sejak 20 Desember 2023 sampai 6 Januari mendatang. 

Selain melakukan uji coba melawan Libya (2 dan 5 Januari 2024), para pemain Garuda juga digodok fisiknya. 

Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama tim-tim kuat Asia; Jepang, Irak, dan Vietnam. 

Baca Juga: Kapan Pemain Timnas Indonesia yang Main di Eropa Gabung TC Piala Asia? Shin Tae-yong Beri Bocoran

Menatap Piala Asia 2023 yang sudah di depan mata, para pemain Timnas Indonesia terus memfokuskan diri memperkuat stamina. 

"Salah satunya adalah memperkuat otot-otot kecil. Dalam waktu yang diberikan ini, kami memaksimalkannya, supaya dapat hasil yang sempurna," papar Shin Sang-gyu, Selasa (26/12/2023) dikutip dari pssi.org.

"Dalam waktu singkat ini, memang sulit juga untuk meningkatkan powernya langsung, tetapi memang otot-otot kecil yang dikembangkan, akan berdampak ke stamina pemain sekarang."

Baca Juga: Lihat Pemain Timnas Indonesia Kerja Keras di TC, Shin Tae-yong Optimis Tatap Piala Asia 2023

"Saat ini stamina mereka sangat kurang, penguatan ini sangat penting. Tetapi pemain punya potensi baik, maka dari itu kita latihan gym terus menerus," sambungnya.

Setelah menjalani TC di Turki, skuad Timnas Indonesia akan bertolak ke Qatar pada 6 Januari 2024 dan menjalani satu laga uji coba lagi melawan Iran pada 9 Januari 2024. 

Lalu, Indonesia akan mengawali petualangannya di Piala Asia 2023 melawan Irak pada 15 Januari 2024. Duel tersebut akan berlangsung di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar. 

 



Sumber : Kompas TV/PSSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x