Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia Jadi Sorotan Media Asing Jelang Piala Asia 2023

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 20:20 WIB
timnas-indonesia-jadi-sorotan-media-asing-jelang-piala-asia-2023
Para pemain Timnas Indonesia saat berlatih di lapangan rumput sintetis Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (19/11/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim nasional sepak bola Indonesia menjadi sorotan media asing Al Jazeera menjelang dimulainya Piala Asia 2023, yang dijadwalkan berlangsung dari 12 Januari hingga 10 Februari 2024. 

Al Jazeera merilis laporan berjudul The Indonesian team in the 2023 Asian Cup...great ambitions and modest capabilities atau Tim Indonesia di Piala Asia 2023...ambisi besar dan kemampuan yang sederhana pada Senin (18/12/2023).

Artikel tersebut membahas sejarah performa skuad Merah Putih dalam Piala Asia, pemain yang mencuat di Timnas Indonesia, dan penunjukan Shin Tae-yong sebagai pelatih. 

Piala Asia 2023 di Qatar akan menjadi partisipasi kelima Indonesia dalam turnamen ini.

Keikutsertaan Indonesia dalam Piala Asia 2023 sudah dipastikan setelah finis di posisi kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemain Timnas Indonesia Jalani Pemusatan Latihan di Turki untuk Piala Asia 2023

Sebelumnya, Indonesia sudah berpartisipasi dalam Piala Asia di Uni Emirat Arab (1996), Lebanon (2000), China (2004), dan sebagai tuan rumah bersama dengan Malaysia, Vietnam, dan Thailand (2007). 

Sejauh ini, Timnas Garuda belum pernah berhasil melangkah dari fase penyisihan grup, dengan pencapaian terbaik yakni satu kemenangan di grup pada edisi 2004 dan 2007.

Dalam Piala Asia 2023, Indonesia tergabung dalam Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang. Pada pertandingan perdana, Timnas Indonesia akan melawan Irak di Ahmad Bin Ali Stadium pada Senin, 15 Januari 2024.

Timnas Indonesia menggelar pemusatan latihan atau training center (TC) di Turki, dari 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.  

Timnas dijadwalkan menggelar dua pertandingan uji coba dalam rangkaian TC tersebut yakni pada 2 dan 5 Januari 2024 melawan Libya dan Iran.  

Shin Tae-yong memboyong 29 pemain ke Turki. Nantinya, hanya 23 pemain yang akan dibawa ke Qatar. 

Skuad Garuda diperkirakan akan didiperkuat nama-nama pemain naturalisasi, seperti Justin Hubner, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Marc Klok, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Shin Tae-yong juga memanggil Pratama Arhan ke skuad Timnas Indonesia yang disiapkan untuk Piala Asia 2023 Qatar.

Arhan mendapatkan menit bermain yang sedikit setelah dikontrak oleh klub Jepang, Tokyo Verdy. Total, Arhan baru bermain empat kali, dengan rincian; 2 kali di J2 League dan 2 kali di Emperor Cup. 

Minimnya menit bermain tentu mempengaruhi performa pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut. 

Hal itu tidak disangkal oleh Shin Tae-yong. Menurutnya, Arhan adalah pemain yang punya kualitas bagus dan bisa berkembang jika diberikan kepercayaan tampil lebih banyak.

“Arhan pemain bagus, kalau dia dapat menit bermain di klubnya, maka performa bisa lebih baik daripada sekarang,” kata Shin Tae-yong, Selasa (19/12/2023), dikutip dari Kompas.com

“Namun, ya karena itu (jarang dimainkan), performanya Pratama Arhan semakin turun."

Karena itu, juru taktik asal Korea Selatan itu sengaja memanggil Arhan agar performa eks pemain PSIS Semarang itu tidak mati. 

“Namun, jika Timnas Indonesia tidak memilih dia (Pratama Arhan), performanya akan benar-benar mati. Jadi, saya sengaja pilih dia untuk masa depan sepak bola Indonesia,” imbuh eks pelatih Timnas Korea Selatan itu. 

Baca Juga: Alami Cedera, Rachmat Irianto Batal Ikut TC Timnas Indonesia di Turki

Skuad Timnas Indonesia untuk TC di Turki

Kiper

1. Syahrul Trisna - Persikabo

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x