Kompas TV olahraga sepak bola

Alami Cedera, Rachmat Irianto Batal Ikut TC Timnas Indonesia di Turki

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 16:31 WIB
alami-cedera-rachmat-irianto-batal-ikut-tc-timnas-indonesia-di-turki
Rachmat Irianto (tengah) berpeluang tampil sebagai starter menggantikan Asnawi Mangkualam di laga Timnas Indonesia vs Curacao, Sabtu (24/9/2022). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gelandang Timnas Indonesia, Rachmat Irianto, batal bergabung dengan pemusatan latihan (training camp/TC) Timnas Indonesia di Turki yang berlangsung mulai 20 Desember 2023-6 Januari 2024. 

TC tersebut dilakukan sebagai persiapan skuad Garuda dalam menyongsong Piala Asia 2023 Qatar yang dijadwalkan bergulir mulai 12 Januari 2024. 

Irianto sejatinya masuk dalam daftar 29 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk menjalani TC di Turki. 

Namun, gelandang yang bermain untuk Persib Bandung itu mengalami cedera otot dan tidak bisa ikut pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemain Timnas Indonesia Jalani Pemusatan Latihan di Turki untuk Piala Asia 2023

Irianto mendapatkan cedera otot paha kiri kala membela Persib dalam pertandingan kontra PSM Makassar pada 4 Desember lalu. 

“Rachmat irianto mengalami cedera saat Persib vs PSM, cedera di bagian salah satu otot paha kirinya (M biceps femoris sinistra),” kata dokter tim Persib, Rafi Ghani, Rabu (20/12/2023), dikutip dari Kompas.com. 

“Setelah kami observasi, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang (USG musculoskeletal), penyebab memar pada paha kirinya adalah karena ada sedikit robekan di M biceps femoris sinistra-nya,” terang Rafi. 

Cedera tersebut membuat Irianto harus menepi sekitar 2-3 pekan ke depan. Untuk kans Irianto bermain di Piala Asia 2023 juga belum diketahui. 

Shin Tae-yong sendiri sudah mengindikasikan tidak akan membawa pemain-pemain yang memiliki masalah cedera. 

Baca Juga: Ini Alasan Shin Tae-yong Tak Bawa Stefano Lilipaly ke Piala Asia 2023

"Untuk masuk kriteria saya, harus tidak ada cedera, dan harus mengorbankan diri untuk tim. Itulah mereka-mereka yang akan bisa masuk ke timnas,” ujar Shin Tae-yong, Selasa (19/12/2023), dilansir Antara. 

Selama di Turki nanti, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga uji coba melawan Libya dan Iran. 

Untuk diketahui, Timnas Indonesia tergabung di Grup D Piala Asia 2023 bersama tim-tim kuat; Jepang, Irak, dan Vietnam. Skuad Garuda akan melakoni laga perdana kontra Irak pada 15 Januari 2024 mendatang. 

Skuad Timnas Indonesia untuk TC di Turki

Kiper

1. Syahrul Trisna - Persikabo

2. Muhamad Riyandi - Persis Solo

3. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

Belakang

4. Justin Hubner - Wolverhampton

5. M. Edo Febriansah - Persib Bandung

6. Wahyu Prasetyo - PSIS Semarang



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x