Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Pastikan VAR di Liga 1 mulai Februari 2024

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 18:05 WIB
erick-thohir-pastikan-var-di-liga-1-mulai-februari-2024
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (Sumber: PTPN Group)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan penggunaan teknologi video assistant referee atau VAR akan siap digunakan di Liga 1 2023-24 mulai Februari 2024. 

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN RI itu mengatakan pelatihan VAR telah berlangsung pada fase pertama.

Dia menjelaskan bahwa pelatihan VAR terus berlanjut pada fase ketiga pada Desember 2023 mendatang. 

Baca Juga: Piala Dunia U17: Erick Thohir Pastikan Persiapan Stadion Si Jalak Harupat Sudah Rampung 100 Persen

Selain itu, Erick menyampaikan merek dan sistem VAR untuk Piala Dunia U-17 juga sama dengan merek dan sistem VAR yang rencananya digunakan untuk Liga 1 pada Februari 2024. 

"Nah untuk Piala Dunia U-17 kita ambil lagi untuk lagi training fase kedua," ujar Erick, Senin (9/10) dikutip dari laman resmi PSSI.


 

"Insya Allah di Desember, pelatihan fase ketiga, ini sudah bisa kita dorong untuk kita tuntaskan dan ketika Februari nanti VAR benar-benar ada," sambung Erick. 

Lebih lanjut, Erick Thohir menyebut pengunaan VAR di Liga 1 dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh para wasit dan mewujudkan sepak bola Indonesia bersih. 

"Dengan ini kita harapkan bisa menekan kesalahan individu untuk para wasit, tetapi kalau ada 'permainan', pengaturan skor, atau sepakbola negatif, ya tetap kita tangkap. Polisi punya komitmen penjarakan, saya punya komitmen hukum seumur hidup," papar Erick. 

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Pihaknya Siapkan Tiket Bundling Piala Dunia U17 dan Whoosh

"Itu lah yang kita harus dorong agar sepakbola ini terus bisa terjadi peningkatan, tidak hanya industri olahraganya tapi juga prestasinya juga, karena ini berkaitan," tandasnya.



Sumber : Kompas TV/PSSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x