Kompas TV olahraga sports

HUT ke-78 TNI, Jenderal Dudung Abdurachman Buka Kejurnas Judo Kasad Cup ke-14 Tahun 2023

Kompas.tv - 7 Oktober 2023, 21:00 WIB
hut-ke-78-tni-jenderal-dudung-abdurachman-buka-kejurnas-judo-kasad-cup-ke-14-tahun-2023
Suasana pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Piala Kasad tahun 2023, acara ini berlangsung di Basket Hall GBK Senayan pada hari Sabtu, (7/10). (Sumber: Panitia Judo Piala Kasad 2023)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka merayakan HUT ke-78 TNI dan sebagai tanda komitmen TNI Angkatan Darat (TNI AD) dalam memajukan olahraga di Indonesia, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, secara resmi membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Piala Kasad tahun 2023.

Pembukaan dilakukan di Basket Hall GBK Senayan Sabtu (7/10/2023).

Upacara pembukaan Kejurnas Judo Piala Kasad 2023 ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto, Panglima Komando Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI), Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc, Ketua Umum Pengurus Besar Taekwondo Seluruh Indonesia, Letjen TNI Richard Taruli Tampubolon, Panglima Daerah Militer Jaya, Mayjen TNI Mohamad Hasan, Danjen Kopassus, Mayor Jenderal TNI Deddy Suryadi, S.I.P., M.Si, serta para pengurus PB PJSI.

Dalam pidatonya, Kasad menjelaskan, penyelenggaraan Kejurnas Judo Piala Kasad ini memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh. 

Selain menjadi wadah untuk mengembangkan olahraga judo di Indonesia, Kejurnas Judo juga merupakan bagian dari persiapan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 dan Kejuaraan Dunia. 

Upacara pembukaan ini menjadi momen penting dalam mendukung perkembangan olahraga di Indonesia.

"Kejuaraan Judo Piala Kasad ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan disiplin. Kejurnas Judo ini sebagai persiapan menghadapi PON tahun depan dan kejuaraan dunia. Harapannya dari Kejurnas ini dapat melahirkan generasi Judoka yang andal di masa depan," ujar Jenderal Dudung dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv.

Baca Juga: Jadwal Timnas Futsal Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2024, Partai Perdana Malam Ini

Dalam kesempatan itu, Kasad juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta, pelatih, dan pengurus yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kejuaraan ini, disertai harapan bahwa akan lahir atlet-atlet nasional yang mampu menorehkan prestasi di tingkat Internasional dari perhelatan yang digelar TNI AD ini.

Sementara itu, Ketua Umum PJSI Letjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc usai pembukaan Kejurnas Judo Piala Kasad menyampaikan bahwa PB PJSI menurunkan Tim Talenscouting di Kejurnas Judo Piala KASAD XIV/2023. 

Tujuannya, untuk menjaring atlet-atlet junior potensial yang akan dibina dalam pemusatan atlet nasional (Pelatnas) di Padepokan Judo Indonesia (PJI) Ciloto, Bogor, Jawa Barat. 

"Melalui Piala KASAD ini, PB PJSI akan menyiapkan regenerasi pejudo andal yang bakal dipersiapkan menghadapi berbagai event internasional. Regenerasi ini penting dalam membangun kembali prestasi judo Indonesia ke depan. Pejudo junior yang potensial akan direkrut untuk dibina dalam pelatnas junior sehingga mereka bisa bersaing di kancah internasional," ujar Pangkostrad.


 

Ketua Panitia Pelaksana Piala KASAD XIV/2023 Kolonel Inf Albert Simanjuntak yang didampingi Humas PB PJSI Ibu Sukma menambahkan, Kejurnas Piala KASAD XIV akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 7 hingga 10 Oktober 2023 mempertandingkan kelompok kadet, junior, senior, serta TNI-Polri. Khusus  pertandingan kelompok senior akan menambah poin menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumut. 

"Peserta cukup antusias untuk mengikuti Piala KASAD XIV/2023. Khusus pertandingan kelompok senior untuk meraih poin dalam upaya meraih tiket di PON 2024 Aceh-Sumut," sambung Kolonel Inf Albert Simanjuntak

Diinformasikan, Kejurnas Judo Kasad Cup XIV ini mempertandingkan berbagai kelas perorangan meliputi Kelas Cadet 12-14 tahun, Kelas Junior 15 - 19 tahun, kelas perorangan dibawah 15 tahun, Kelas Senior diatas 15 - 19 tahun,  serta beregu Nageno Kata dan Juno Kata dengan total jumlah peserta 663 atlet dari TNI-Polri dan umum terdiri dari 60 kesatuan dan 24 Pengprov PJSI dan 1 tim Pelatnas Judo Indonesia. 

Untuk kategori TNI- Polri antara lain untuk Kelompok Putra perorangan kelas 66 Kg, 66 - 73 Kg, 73 - 81 Kg, 81 - 90 Kg dan kelas +90 Kg., sedangkan untuk  Kelompok Putri perorangan kelas 52 Kg, 52-57 Kg, 57-63 Kg, 63-70 Kg dan kelas +70 Kg. (Penkostrad). 

Baca Juga: Survei LSI: Mayoritas Responden Puas dengan Kinerja Ketua Umum PSSI Erick Thohir



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x