Kompas TV olahraga sepak bola

Survei LSI: Mayoritas Responden Puas dengan Kinerja Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 21:59 WIB
survei-lsi-mayoritas-responden-puas-dengan-kinerja-ketua-umum-pssi-erick-thohir
Foto Arsip. Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Hasil survei LSI menyatakan mayoritas masyarakat puas terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI. (Sumber: PSSI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Survei Indonesia atau LSI menyampaikan hasil survei terbarunya terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir.

Seperti diketahui, Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023–2027 melalui Kongres Luar Biasa (KLB) pada Februari 2023.

Hasil survei menyatakan, mayoritas responden mengaku puas dengan kinerja Ketua Umum PSSI tersebut. 

"Tingkat kepuasan terhadap kinerja Ketua Umum PSSI cukup baik, di atas 80 persen," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

Awareness dan kepuasan terhadap kinerja Erick Thohir sebagai Ketum PSSI lebih tinggi di kelompok yang mengaku sebagai penggemar sepakbola di Indonesia yakni 91,4 persen.

Rinciannya yakni 34,9 persen yang mengaku penggemar sepak bola Indonesia sangat puas dan 56,5 persen cukup puas dengan kinerja Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI yang baru.

Sementara di kelompok yang bukan penggemar sepak bola dan hanya tahu Erick sebagai Ketua Umum PSSI, tingkat kepuasannya 80,6 persen.

Rinciannya yakni 28,2 persen mengaku sangat puas dengan kinerja Erick sebagai Ketua Umum PSSI, sementara 52,4 persen mengaku cukup puas.

Baca Juga: Ini Target Ketum PSSI Erick Thohir Buat Timnas di Piala Dunia U17

Lebih khusus, LSI kemudian menanyakan sejumlah pertanyaan untuk menggali tingkat kepuasan responden terkait kinerja PSSI.

Hasilnya, dari segi kepuasan dalam menghasilkan atlet sepak bola yang berkualitas, total 72 persen merasa puas.

Dalam membentuk tim nasional yang berkualitas dan berprestasi, ada 71 persen responden yang mengatakan puas.

Sementara itu, dalam hal mengembangkan sepak bola Indonesia yang maju, modern, dan profesional, sebanyak 67 persen responden mengatakan puas atas kinerja PSSI.

"Dalam mengatur dan mengoordinasikan seluruh kompetisi dan turnamen, itu yang menyatakan puas ada 62 persen," sambung Djayadi.

Adapun survei dilaksanakan pada 18-20 September 2023 dan dilakukan melalui telepon dengan menjangkau 83 persen populasi nasional dan 17 persen sisanya tidak terjangkau.

Pengambilan sampel survei dilakukan dengan menggunakan metode panggilan angka acak atau random digit dialling (RDD). 

Wawancara dilakukan melalui telepon pewawancara yang dilatih terhadap 1.206 responden.

Target populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Margin of error ±2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Baca Juga: Resmi! PSSI Bentuk Satgas Antimafia Bola, Najwa Shihab Jadi Anggota



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x