Kompas TV olahraga sepak bola

BMKG Prakirakan Cerah Berawan dan Hujan Ringan Hari Ini, Cek Cuaca Jakarta, Surabaya, Semarang

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 09:25 WIB
bmkg-prakirakan-cerah-berawan-dan-hujan-ringan-hari-ini-cek-cuaca-jakarta-surabaya-semarang
Ilustrasi kualitas udara Jakarta pada Selasa (21/8/2023). Hujan buatan BMKG yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya semalam belum efektif menurunkan tingkat polisi udara Jakarta (Sumber: Kompas TV/Dian Nita)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk beberapa kota besar di Indonesia pada hari Rabu (4/10/2023. Menurut BMKG, sebagian besar kota besar akan mengalami cuaca cerah, cerah berawan, atau berawan.

Berikut beberapa prakiraan cuaca BMKG untuk kota-kota besar di Indonesia termasuk Jakarta, Surabaya hingga Semarang.

Hari ini cuaca cerah akan menyelimuti Kota Jakarta Pusat, Gorontalo, Tarakan, Surabaya, Pangkal Pinang, Kupang, dan Makassar.

Baca Juga: Awal Musim Hujan Diprediksi Terlambat, BMKG Sebut Sejumlah Wilayah Tanah Air Diguyur Hujan Hari Ini

Namun, bagi sebagian besar kota besar lainnya, seperti Banda Aceh, Jambi, Pontianak, Semarang, Samarinda, Bandar Lampung, Yogyakarta, Bengkulu, dan Mataram, cuaca diprakirakan cerah berawan pada siang hari.

BMKG juga memberi peringatan bahwa asap akibat kebakaran hutan dan lahan dapat melanda Kota Palembang dan Palangka Raya pada siang hari. Waspada dan hindari paparan asap jika Anda berada di wilayah ini.

Malam harinya, cuaca cerah diharapkan di beberapa kota seperti Jakarta Pusat, Gorontalo, Surabaya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, dan Kupang.

Baca Juga: Musim Hujan Tiba di Sebagian Wilayah Indonesia, BMKG Keluarkan Peringatan Banjir

Sementara itu, Kota Banda Aceh, Denpasar, Bandung, Pontianak, Banjarmasin, Bandar Lampung, Ambon, Mataram, dan Mamuju dapat menantikan cuaca cerah berawan pada malam hari.

Kota Serang, Bengkulu, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ternate, Jayapura, Manokwari, Makassar, Kendari, Manado, Yogyakarta, dan Padang diharapkan berawan.

Baca Juga: BMKG: Ada Potensi Hujan Lebat, Angin Kencang, dan Karhutla di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Indonesia Mulai Diguyur Hujan

Pada malam hari, hujan ringan dapat turun di Kota Pekanbaru, sementara Kota Medan berpotensi mengalami hujan lebat.

Menurut BMKG, sekitar 11 persen dari Zona Musim (ZOM) di Indonesia telah memasuki musim hujan pada awal Oktober 2023.

Wilayah yang telah memasuki musim hujan termasuk sebagian Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, sebagian Sumatera Barat, sebagian kecil Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah bagian timur, sebagian kecil Maluku, dan sebagian Papua Barat.


 

BMKG memprakirakan dalam dasarian pertama Oktober 2023, curah hujan dengan kategori tinggi hingga sangat tinggi (lebih dari 150 mm per dasarian) akan mengguyur sebagian kecil Aceh dan Sumatera Utara, serta sebagian kecil Papua bagian timur.

Baca Juga: Kenapa Udara Indonesia Akhir-Akhir Ini kian Dingin di Malam Hari? Ini Jawaban BMKG



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x