Kompas TV nasional peristiwa

Musim Hujan Tiba di Sebagian Wilayah Indonesia, BMKG Keluarkan Peringatan Banjir

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 05:30 WIB
musim-hujan-tiba-di-sebagian-wilayah-indonesia-bmkg-keluarkan-peringatan-banjir
Ilustrasi. Seorang warga bernama Sukarman di Timbulsloko, Demak, Jawa Tengah berjalan di luar rumahnya yang terendam banjir, 30 Juli 2022. (Sumber: Dita Alangkara/Associated Press)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan musim hujan telah tiba di sejumlah wilayah Indonesia pada awal Oktober 2023, Selasa (3/10/2023).

Pemangku tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Ardhasena Sopaheluwakan mengatakan wilayah yang kini sudah mengalami musim hujan mencakup sebagian Aceh, Sumatera Utara, sebagian besar Riau, sebagian Sumatera Barat, sebagian kecil Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah bagian timur, sebagian kecil Maluku, dan sebagian Papua Barat.

"Pada dasarian pertama Oktober 2023, wilayah yang diprediksikan mengalami hujan kategori tinggi-sangat tinggi (lebih dari 150 mm per dasarian) meliputi sebagian kecil Aceh dan Sumatera Utara, sebagian kecil Papua bagian timur," jelasnya dikutip dari Antara.

Baca Juga: BMKG: Ada Potensi Hujan Lebat, Angin Kencang, dan Karhutla di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Sementara itu, wilayah yang diprediksi akan mengalami hujan dengan kriteria menengah (50-150 mm per dasarian) terletak di sebagian Sumatera bagian tengah-utara, sebagian kecil Jawa Barat, sebagian Kalimantan bagian tengah-utara, Sulawesi Barat, sebagian kecil Maluku bagian tengah, sebagian Papua Barat, dan sebagian besar Papua.

Adapun wilayah yang diprakirakan akan mengalami hujan dengan kriteria rendah (kurang dari 50 mm per dasarian) meliputi sebagian Sumatera bagian tengah-selatan, sebagian besar Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagian Kalimantan bagian tengah-selatan, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, sebagian besar Maluku, sebagian Papua Barat, dan sebagian Papua.

Peringatan Banjir

Ardhasena juga memberikan peringatan dini tentang potensi banjir pada Oktober 2023 yang dapat dipicu oleh curah hujan tinggi.

Daerah-daerah yang potensial terdampak meliputi Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tenggara, Kabupaten Gayo Lues, Kabupaten Nagan Raya, Kota Sibolga, dan Kabupaten Tapanuli Tengah.


Baca Juga: Kenapa Udara Indonesia Akhir-Akhir Ini kian Dingin di Malam Hari? Ini Jawaban BMKG

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan bahwa awal musim hujan biasanya terkait erat dengan peralihan Angin Timuran (Monsun Australia) menjadi Angin Baratan (Monsun Asia).

Prediksi BMKG menyatakan bahwa Angin Timuran masih akan aktif hingga November 2023, terutama di bagian Selatan Indonesia. Sementara itu, Angin Baratan diprediksi akan datang lebih lambat dari biasanya.

Baca Juga: Warga Jakarta Keluhkan Cuaca Panas, Begini Prediksi BMKG

Saat ini, beberapa Zona Musim telah memasuki musim hujan, termasuk sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Musim hujan akan merambah ke Sumatera bagian tengah dan selatan, diikuti oleh Kalimantan, Jawa, dan secara bertahap akan mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia pada periode Maret hingga April 2024.

 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x