Kompas TV olahraga sports

Emas Harris Horatius Kerek Peringkat Indonesia di Asian Games 2022, Kini di Posisi Ketujuh

Kompas.tv - 27 September 2023, 08:04 WIB
emas-harris-horatius-kerek-peringkat-indonesia-di-asian-games-2022-kini-di-posisi-ketujuh
Cabang olahraga Wushu berhasil menorehkan catatan positif di ajang Asian Games 2022 Hangzhou dengan menambah medali emas ketiga untuk Indonesia melalui atlet Harris Horatius (Sumber: Raiky/Kemenpora.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Kontingen Indonesia kembali menyumbang medali emas pada penyelenggaraan Asian Games 2022 di Hangzhou, China. Keberhasilan ini membuat posisi Indonesia naik ke peringkat ketujuh dalam pengumpulan medali.

Pada hari keempat Asian Games, medali emas dipersembahkan oleh atlet wushu, Harris Horatius, Selasa (26/9/2023). Dia berhasil mengukuhkan dirinya sebagai yang terbaik di nomor Nanquan & Nangun All-Round dengan total poin sebesar 19.506 (9.756 dan 9.750). Prestasi ini diraihnya di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou.

Baca Juga: Asian Games 2022: Tim Taekwondo Indonesia Pulang Tanpa Medali

 

"Alhamdulillah bersyukur atas dukungan semuanya, akhirnya medali emas bisa diambil dari wushu. Harris memang yang kita targetkan untuk dapat emas," jelas Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia Ngatino dikutip dari situs Kemenpora. 

Sebelum pencapaian Horatius, Muhammad Sejahtera Dwi Putra telah dua kali mempersembahkan emas bagi Indonesia. Kedua medali tersebut diperolehnya dari nomor Men's 10m Running Target dan Men's 10m Running Target Mixed Run.

Dengan penambahan medali tersebut, Indonesia kini memiliki total sembilan medali yang terdiri dari tiga emas, satu perak, dan lima perunggu.

Baca Juga: Asian Games 2022: Timnas Basket Indonesia Kalah 55-95 dari Korea Selatan

Berdasarkan perolehan medali ini, Indonesia menjadi negara Asia Tenggara dengan raihan terbaik, unggul dari Thailand yang berada di peringkat sembilan dengan koleksi dua emas dan lima perunggu.


 

Tuan rumah, China, tak henti menunjukkan dominasinya dalam edisi ke-19 Asian Games ini. Negara tersebut berhasil mengumpulkan total 95 medali yang terdiri dari 53 emas, 29 perak, dan 13 perunggu, jauh mengungguli Korea Selatan yang memiliki 14 emas, 16 perak, dan 19 perunggu.

Baca Juga: Untuk Indonesia, Atlet Wushu Harris Horatius Raih Emas di Asian Games 2022

Sedangkan Jepang melengkapi tiga besar dengan delapan emas, 20 perak, dan 19 perunggu.

Baca Juga: Sumbang Emas di Asian Games 2022, Timnas Menembak Indonesia Lampaui Hasil Edisi 2018



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x