Kompas TV olahraga sports

Untuk Indonesia, Atlet Wushu Harris Horatius Raih Emas di Asian Games 2022

Kompas.tv - 26 September 2023, 15:37 WIB
untuk-indonesia-atlet-wushu-harris-horatius-raih-emas-di-asian-games-2022
Pewushu Indonesia Harris Horatius tampil pada final nomor nanquan putra Asian Games 2022 di Xiaoshan Guali Sports Centre, Hangzhou, China, Selasa (26/9/2023). Harris berada diperingkat pertama dengan meraih poin 9,756. (Sumber: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Atlet wushu taolu Indonesia, Harris Horatius sukses bawa pulang medali emas ketiga untuk Indonesia dalam Asian Games 2022 Hangzhou, China. 

Harris meraih prestasi gemilang ini usai bertanding dalam nomor kombinasi nanquan+nangun di Xiaoshan Guali Sports Centre pada hari Selasa (26/9/2023).

Dalam nomor tangan kosong, Harris berhasil mengesankan para juri dan mencapai total poin sebesar 9,756. 

Dikutip dari Antara, pencapaian poin Harris ini mengungguli pesaingnya, Yongmun Lee dari Korea Selatan, yang merupakan pemegang perunggu Asian Games 2018 di Jakarta dalam nomor yang sama, dengan selisih 0,020 poin.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Voli Putra Indonesia vs Korsel di Asian Games 2022, Mulai 13.30 WIB

Keunggulan Harris dalam nomor nanquan memberikannya modal yang baik untuk bersaing di nomor nangun atau tongkat. 

Harris sekali lagi tampil sebagai yang terbaik dalam nomor ini dengan meraih poin tertinggi sebesar 9,750, mengungguli wakil Makau, Junhua Huang, dengan selisih 0,010 poin.

Sementara itu, pesaing terberat Harris, Lee dari Korea Selatan, hanya mampu mencatatkan poin rendah sebesar 7,366 dalam penampilannya dalam nomor tongkat.

Dengan unggul dalam kedua nomor tersebut, Harris berhak meraih gelar juara dan medali emas.

Wakil Korea harus puas dengan medali perak, sementara wakil Makau, Junhua Huang merebut medali perunggu.

Prestasi ini merupakan medali emas pertama bagi Harris dalam Asian Games, setelah sebelumnya dia finis di peringkat sembilan dalam Asian Games Jakarta 2018. 

Harris juga telah mencatatkan prestasi sebagai juara dalam nomor duilian SEA Games Filipina 2019 dan meraih emas dalam nomor kombinasi nanquan & nangun all-around di SEA Games Singapura 2015.

Dalam nomor nanquan, Harris sebelumnya telah tiga kali menjadi runner-up di SEA Games, yaitu saat berkompetisi di Kamboja pada 2023, Vietnam pada 2023, dan Filipina pada 2021.

Sebelumnya, rekan satu tim Harris, Edgar Xavier Marvelo meraih medali perak setelah mencatatkan total skor 9,786 dalam final nomor changquan Asian Games Hangzhou pada Minggu (24/9).

Sedangkan dua emas pertama bagi Indonesia di Asian Games Hangzhou datang dari cabang menembak.

Baca Juga: Link Live Streaming Timnas Voli Putra Indonesia vs Korsel di Asian Games 2022, Mulai 13.30 WIB



Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x