Kompas TV olahraga sepak bola

Logo dan Maskot Piala Dunia U17 Indonesia Diluncurkan, Ada Bacuya si Badak Cula Cahaya

Kompas.tv - 3 September 2023, 05:00 WIB
logo-dan-maskot-piala-dunia-u17-indonesia-diluncurkan-ada-bacuya-si-badak-cula-cahaya
Logo resmi Piala Dunia U-17 Indonesia 2023. Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) meluncurkan logo resmi dan maskot Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, Jumat (1/9/2023). Logo yang ditampilkan disebut terkoneksi dengan negara Indonesia sebagai tuan rumah. (Sumber: FIFA)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) meluncurkan logo resmi dan maskot Piala Dunia U17 Indonesia 2023, Jumat (1/9/2023). Logo yang ditampilkan disebut terkoneksi dengan negara Indonesia sebagai tuan rumah.

Logo itu disebut terinspirasi dari warna Merah Putih bendera Indonesia, biru lautan Indonesia, serta hijau perbukitan di Nusantara. Logo ini dilengkapi gambar mahkota yang berarti sepakbola adalah olahraga yang digemari di seluruh dunia.

Sementara untuk maskot, FIFA mengenalkan Bacuya yang berarti Badak Cula Cahaya. Badak dipilih karena merupakan hewan asli Indonesia.

Baca Juga: Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030, Arab Saudi Minta Dukungan Indonesia

Bacuya disebut memiliki filosofi unik, yakni sebagai badak Jawa muda yang pemalu dan pendiam, tetapi memiliki keinginan kuat berlari menuju lapangan sepakbola seperti dalam pencarian sesuatu yang istimewa.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengaku merasa terhormat Indonesia dipilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U17. Ia menyebut masyarakat akan antusias menanti kiprah Garuda Muda di turnamen internasional.


"Sebuah kehormatan bagi kami karena mendapat kepercayaan untuk menggelar kejuaraan sepakbola dunia bagi generasi pesepakbola masa depan," kata Erick Thohir dikutip dari Kompas.com.

"Dengan 73 persen penduduk Indonesia yang menyukai sepakbola, saya optimistis FIFA (World Cup) U17 akan berjalan sukses dan mendatangkan banyak penggemar ke stadion," lanjut pria yang juga Menteri BUMN itu.

Adapun Piala Dunia U17  akan mempertandingan 24 negara mulai 10 November hingga 2 Desember mendatang. Indonesia otomatis lolos sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Lawan PSM Makassar, PSS Sleman Siapkan Pola Permainan Menyerang

 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x