Kompas TV olahraga sports

Aroma Ganja Menyebar di Lapangan Tenis US Open 2023, Dikeluhkan Para Pemain Top Dunia

Kompas.tv - 30 Agustus 2023, 10:22 WIB
aroma-ganja-menyebar-di-lapangan-tenis-us-open-2023-dikeluhkan-para-pemain-top-dunia
Babak pertama turnamen tenis US Open 2023 tanggal 29 Agustus 2023. Aroma semerbak ganja menjadi masalah di turnamen tenis US Open: wangi tajam itu melayang di atas sebuah lapangan samping, menggoyang konsentrasi salah satu pemain top dunia. (Sumber: AP Photo/Frank Franklin II)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV - Aroma semerbak ganja menjadi masalah di turnamen tenis US Open 2023 di Pusat Tenis Nasional Billie Jean King, New York, Amerika Serikat.  Bau asap ganja melayang di atas lapangan samping hingga menggoyang konsentrasi salah satu pemain top dunia, dan meninggalkan kesan bahwa tidak ada tempat tersisa untuk menghindari bau  tidak resmi dari kota ini.

Meskipun sumber aroma tersebut masih menjadi misteri pada hari Selasa, satu hal yang jelas: Lapangan 17, di mana Maria Sakkari, unggulan kedelapan turnamen itu, mengeluhkan aroma ganja yang sangat kuat selama kekalahannya di putaran pertama.

“Lapangan 17 benar-benar beraroma laksana ruang tamu Snoop Dogg,” kata Alexander Zverev, pemain pria unggulan ke-12 dalam turnamen ini yang memenangkan pertandingan pembukaannya di lapangan tersebut hari Selasa, (29/8/2023) seperti laporan Associated Press, Rabu, (30/8/2023). “Ya ampun, aroma ini ada di mana-mana. Seluruh lapangan wangi asap ganja.”

Terpukul oleh berita-berita setelah pertandingan,  membuat Sakkari terlihat bahwa tribun U.S. Open adalah setara dengan konser Phish. Asosiasi Tenis Amerika Serikat (USTA)  melakukan investigasi sendiri, untuk mengungkapkan sumber aroma tersebut.

Jurubicara Chris Widmaier mengatakan, USTA meminta keterangan para pejabat dan meninjau video pertandingan tengah hari tersebut dan menemukan "tidak ada bukti" ada yang mengisap ganja di tribun Lapangan 17. Temuan itu mengarah pada spekulasi bahwa mungkin berasal dari Taman Corona tepat di luar pintu gerbang lapangan stadion yang intim ini.

Dan kemungkinan besar bukan hanya sekedar omong kosong. Sakkari sendiri menduga yang sama saat dia mengeluh kepada wasit sementara dia unggul 4-1 dalam set pertama. “Aroma itu, ya ampun. Saya pikir itu berasal dari taman.”

Baca Juga: Profil Carlos Alcaraz, Juara Baru US Open 2022 dan Petenis Nomor Satu Termuda dalam Sejarah

Maria Sakkari dari Yunani di babak pertama US Open 2023, (28/8/2023). Babak pertama turnamen tenis US Open 2023 tanggal 29 Agustus 2023. Aroma semerbak ganja menjadi masalah di turnamen tenis AS Terbuka: wangi tajam itu melayang di atas sebuah lapangan samping, menggoyang konsentrasi salah satu pemain top dunia (Sumber: AP Photo/Charles Krupa)

Setelah kekalahan 6-4, 6-4-nya dari Rebeka Masarova, Sakkari mengatakan kepada wartawan, “Kadang-kadang Anda mencium aroma makanan, kadang-kadang Anda mencium aroma rokok, kadang-kadang Anda mencium aroma asap ganja. Saya pikir ini adalah sesuatu yang tidak dapat kita kendalikan, karena kita berada di ruang terbuka. Ada taman di belakang. Orang dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan.”

Petugas keamanan Flushing Meadows, Ricardo Rojas, yang bekerja di pintu gerbang Lapangan 17 hari Senin, mengatakan dia istirahat di taman sekitar waktu pertandingan Sakkari dan "pasti ada aroma asap ganja." Tetapi dia mencatat sementara dia memberlakukan kebijakan larangan merokok di dalam Pusat Tenis Nasional Billie Jean King USTA, taman tersebut "di luar kewenanganku."

Ini adalah hal yang sah di New York bagi orang dewasa yang berusia 21 tahun ke atas untuk memiliki hingga tiga ons ganja dan hingga 24 gram ganja terkonsentrasi untuk penggunaan pribadi, dan mereka dapat merokok atau menguapkan ganja di mana pun merokok tembakau diizinkan.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x