Kompas TV olahraga sepak bola

Sering Enggan Lepas Pemain, Sumardji Sebut Thomas Doll dan Bernardo Tavares Mempersulit Timnas

Kompas.tv - 10 Agustus 2023, 22:36 WIB
sering-enggan-lepas-pemain-sumardji-sebut-thomas-doll-dan-bernardo-tavares-mempersulit-timnas
Manajer Timnas Indonesia Kombes Pol. Sumardji (Sumber: Antara)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menyebut sejumlah pelatih asing seperti  Thomas Doll (Persija Jakarta), dan Bernardo Tavares (PSM Makassar), mempersulit Timnas Indonesia karena enggan melepas pemain.

Seperti yang diketahui, Timnas U23 Indonesia telah memulai pemusatan latihan (TC) pertamanya di Lapangan A, Senayan, Jakarta, pada Kamis (10/8/2023). 

Akan tetapi, dari 23 pemain yang dipanggil dalam persiapan jelang tampil di Piala AFF U23 2023 ini, hanya 17 pemain yang mengikuti latihan perdana ini. 

Enam pemain yang absen dalam latihan ini yaitu Alfeandra Dewangga (PSIS), Adi Satryo (PSIS), Kadek Arel (Bali United), Rizky Ridho (Persija), Dzaky Asraf (PSM), dan Beckham Putra (Persib). 

Situasi ini telah menyebabkan kekhawatiran dari PSSI karena persiapan tim Merah Putih tidak berjalan dengan lancar. 

Pasalnya, tim yang dilatih oleh Shin Tae-yong ini dijadwalkan akan menghadapi ajang dua tahunan ini di Thailand pada 17-26 Agustus 2023. 

Dalam persaingan Piala AFF U23 2023 itu, Garuda Muda akan berada di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste.

Terkait hal ini, Sumardji pun angkat suara mengenai para pemain yang belum hadir untuk mengikuti TC kali ini.

Anggota Polri itu menjelaskan bahwa Beckam, Kadek, Dewangga dan Adi Satriyo bakal bergabung dalam beberapa hari ke depan karena masih dibutuhkan timnya masing-masing di kompetisi Liga 1.

Namun untuk kedatangan Rizky Ridho dan Dzaky Asraf, Sumardji mengkritik Persija Jakarta dan PSM Makassar karena memberikan alasan yang tidak jelas untuk menahan pemain.

"Nah, ini sudah ada kepastian mereka akan datang. Artinya kita pun juga bisa memaklumi kehadirannya walaupun itu ditunda dikarenakan masih mengikuti jadwal pertandingan di klub masing-masing," kata Sumardji dikutip dari BolaSport, Kamis (10/8/2023).

"Tetapi, yang membuat kami prihatin, saya sangat kecewa dengan tidak hadirnya dua pemain dengan alasan berbagai macam. Pertama Persija Jakarta (Rizky Ridho), yang kedua PSM Makassar (Dzaky Asraf)," ujarnya.

Baca Juga: Meski Ernando Ari Dipanggil Timnas U23, Persebaya Surabaya Masih Targetkan Menang Atas Persita!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x