Kompas TV olahraga sepak bola

Pembukaan Piala Dunia U17 2023 Dipastikan Digelar di JIS

Kompas.tv - 9 Agustus 2023, 19:28 WIB
pembukaan-piala-dunia-u17-2023-dipastikan-digelar-di-jis
Lapangan Stadion JIS (Jakarta International Stadium), Jakarta Utara. (Sumber: KOMPAS/FAKHRI FALURROHMAN)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memastikan bahwa pembukaan Piala Dunia U17 2023 akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS).

Menpora Dito, bersama dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, baru saja mengadakan rapat terkait persiapan Piala Dunia U17 2023 di Kantor Kementerian PUPR.

Dalam pertemuan tersebut, Menpora Dito menjelaskan bahwa FIFA telah memberikan persetujuan untuk menyelenggarakan Piala Dunia U17 di empat stadion yang telah diajukan sebelumnya.

Keempat stadion tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

“Ya tadi kami rapat perdana bersama PUPR dan juga Ketua Umum PSSI setelah FIFA sudah menyurvei dan memberikan hasilnya,” kata Menpora Dito saat ditemui di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (9/8/2023) dikutip dari Tribunnews.com.

“Tadi Ketum PSSI sudah menyampaikan kepada FIFA diputuskan di empat stadion yaitu JIS, lalu Manahan di Solo, Jawa Barat ada Si Jalak Harupat, dan Bung Tomo di Surabaya,” jelasnya.

"Tadi disampaikan ada beberapa renovasi kecil khususnya di Jalak Harupat dan JIS. Kalau Manahan dan Bung Tomo relatif karena sudah dipersiapkan untuk U-20. Jadi sudah siap,” imbuhnya.

Baca Juga: Ada Konser Coldplay, Menpora Beri Sinyal SUGBK Tak Dipakai untuk Piala Dunia U17 2023

Berdasarkan hasil rapat tersebut, lanjut Menpora Dito, JIS dipastikan akan menjadi venue pembukaan Piala Dunia U17 2023.

Keputusan tersebut diambil karena JIS berada di Ibu Kota serta sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Ya sudah (pasti) untuk pembukaan dipastikan di JIS dan penutupan di Manahan Solo. Di Solo itu dari 16 besar sudah di sana,” terang Menpora Dito.

“Alasannya pertama karena Jakarta ya. Karena kami ingin tetap pembukaan di Jakarta, sesuai arahan Presiden," ujarnya.

"Dan kembali lagi, kami ingin dalam perhelatan dunia ini menunjukkan stadion kita semakin banyak opsinya. Maka dari itu dari PSSI sudah benar untuk memakai JIS di U17,” ucapnya.

Seperti yang diketahui, Indonesia ditunjuk FIFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 menggantikan Peru.

Piala Dunia U17 yang bakal diikuti 24 negara itu akan dilangsungkan mulai 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023. 

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023 Hanya Gunakan 4 Stadion, Timnas U17 Indonesia Kemungkinan Besar Main di JIS




Sumber : Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x