Kompas TV olahraga sepak bola

Ada Konser Coldplay, Menpora Beri Sinyal SUGBK Tak Dipakai untuk Piala Dunia U17 2023

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 20:06 WIB
ada-konser-coldplay-menpora-beri-sinyal-sugbk-tak-dipakai-untuk-piala-dunia-u17-2023
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memberikan keterangan kepada wartawan di Stadion Elephant Hall Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (8/6/2023). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Aditya Ramadhan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengindikasikan bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta Pusat, tidak akan digunakan untuk Piala Dunia U17 2023 karena bentrokan jadwal dengan konser Coldplay. 

Seperti yang diketahui, Piala Dunia U17 2023 akan berlangsung dari 10 November hingga 2 Desember, sedangkan konser Coldplay akan diadakan pada 15 November.

"Karena kan (ada) Coldplay, GBK nampaknya tidak (dipakai untuk Piala Dunia U17 2023)," kata Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023) dikutip dari BolaSport.

"Secara jadwal tidak bisa," imbuh pria berusia 32 tahun tersebut.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) akhirnya tidak termasuk dalam daftar stadion yang diinspeksi FIFA. 

Jadwal inspeksi FIFA dimulai dari Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu (29/7), kemudian dilanjutkan ke Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung pada Minggu (30/7), Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Jawa Timur pada Senin (31/7), dan terakhir Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah pada Selasa (1/8).

Dito Ariotedjo mengaku telah dihubungi oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengenai kelanjutan Piala Dunia U17 2023. 

PSSI dan FIFA kemudian menggelar rapat usai peninjauan stadion yang direncanakan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Baca Juga: FIFA Rekomendasikan Rumput JIS Diganti, PSSI: Agar Bisa Digunakan untuk Piala Dunia U17

Sebelumnya, PSSI mengajukan delapan venue ke FIFA, termasuk SUGBK, Stadion Jakabaring, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion Pakansari, dan Jakarta International Stadium (JIS). 

Namun, Stadion Jakabaring dan Stadion Kapten I Wayan Dipta tidak masuk dalam daftar inspeksi FIFA, sehingga Piala Dunia U17 2023 berpotensi digelar terpusat di Pulau Jawa.


"Baru 10 yang menit lalu saya ditelepon pak Ketum PSSI," tutur Menpora Dito.

"Sore ini akan ada rapat dengan FIFA. Jadi lebih baik tunggu hasil rapat nya, kalau ada jawaban lengkapnya akan saya sampaikan," jelasnya.

Beberapa waktu lalu sebelumnya, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK), Rakhmadi Afif Kusumo sempat menyebut SUGBK baru bisa dipakai untuk Piala Dunia U17 2023 setelah gelara. konser Coldplay rampung.

"Kalau mengenai U-17, lagi-lagi kami sudah event," kata Rakhmadi Afif Kusumo pada 11 Juli 2023.

"Tapi kami membuka opsi misal mau ada match setelah event tersebut, kami open."

"Kami juga sampaikan ke para pihak, PSSI dan panitia pelaksana, monggo saja," imbuhnya. 

Baca Juga: Terungkap Sosok Konsultan Pelatih Timnas Indonesia U17, Frank Wormuth Eks Pembesut Groninge



Sumber : BolaSport


BERITA LAINNYA



Close Ads x