Kompas TV olahraga sepak bola

Setelah 28 Tahun Menjaga Gawang, Gianluigi Buffon Pensiun

Kompas.tv - 2 Agustus 2023, 22:01 WIB
setelah-28-tahun-menjaga-gawang-gianluigi-buffon-pensiun
Gianluigi Buffon saat masih muda. Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon, mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional per Rabu (2/8/2023). Buffon memutuskan pensiun pada usia 45 tahun. (Sumber: skysports.com)

PARMA, KOMPAS.TV - Kiper legendaris Italia, Gianluigi Buffon mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional per Rabu (2/8/2023). Buffon memutuskan pensiun pada usia 45 tahun.

Kiper yang dijuluki Si Superman itu mengumumkan keputusannya pensiun melalui media sosial. Gianluigi Buffon mengakhiri karier di Parma, klub yang pertama melambungkan namanya sejak menjalani debut senior 28 tahun lalu.

"Itulah semuanya, kawan-kawan! Kalian memberi saya segalanya. Saya memberikan segalanya. Kita melakukannya bersama," kata Buffon melalui akun Instagram-nya.

Baca Juga: Guillermo Ochoa dan Guardado: Legenda Piala Dunia Meksiko, Torehkan Rekor setara Messi dan Buffon

Sepanjang kariernya, Buffon telah membela tiga klub, yakni Parma, Juventus, dan Paris Saint-Germain. Buffon sempat kembali ke Juventus pada 2019-2021 sebelum pindah lagi ke Parma dan mengakhiri karier di klub masa kecilnya tersebut.

Buffon tercatat memenangkan 10 gelar Serie A Italia, semuanya bersama Juventus. Sedangkan bersama Parma, ia memenangkaan Coppa Italia dan Piala UEFA 1998/1999 dan Supercoppa Italiana 1999.

Pencapaian puncak Gianluigi Buffon adalah ketika mengantar Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Sepanjang turnamen itu, Buffon hanya kebobolan tiga gol, kesemuanya dari situasi bola mati.

Hampir memenangkan segalanya sebagai pesepak bola profesional, satu-satunya trofi mayor yang urung direngkuh Buffon adalah Liga Champions. Buffon bersama Juventus kalah dalam tiga final Liga Champions, yakni pada 2003 lawan AC Milan, 2015 lawan Barcelona, dan 2017 lawan Real Madrid.

Baca Juga: Jadi Kapten Baru Liverpool, Ini Kata-Kata Virgil van Dijk


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x