Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Ungkap Denah JIS Jika Akses Pintu Masuk Ditambah, Erick Thohir: Demi Keselamatan Suporter

Kompas.tv - 5 Juli 2023, 13:15 WIB
pssi-ungkap-denah-jis-jika-akses-pintu-masuk-ditambah-erick-thohir-demi-keselamatan-suporter
Denah JIS dan GBK. Terlihat GBK punya sejumlah akses keluar masuk penonton dan kendaraan, sedangkan JIS hanya punya 1 pintu masuk. (Sumber: PSSI)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir ingin memastikan stadion harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi para penonton. 

Hal ini ia sampaikan usai meninjau kondisi Jakarta International Stadium (JIS) bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

"Tentu sesuai dengan prioritas bahwa kita ingin memastikan suporter pulang dengan selamat, sejak awal saya selalu bicara tentang akses-akses," kata Erick kepada wartawan. 

Erick menyebut, kolaborasi banyak pihak, mulai dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Jakpro, serta sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti PT KAI dan PT Jasa Marga merupakan kolaborasi yang baik dalam memperbaiki JIS. 

Baca Juga: Rumput JIS Disebut Belum Penuhi Standar FIFA, Bagaimana Seharusnya?

Ia menilai, kondisi JIS yang nantinya sesuai standar FIFA tak hanya baik untuk timnas, melainkan juga bagi klub di Indonesia.

"Kalau ini diperbaiki saya rasa klub-klub bisa saja bermain di sini, memang bukan saya yang menentukan melainkan klub dan pemilik stadion, prinsipnya kalau kerja bareng-bareng kan enak," ujar Erick Thohir.

Selain soal penggantian rumput, renovasi JIS juga akan termasuk penambahan akses pintu masuk baik untuk kendaraan maupun penonton.

Dalam denah yang JIS yang diterima Kompas.tv dari PSSI, Rabu (5/7), terlihat JIS saat ini hanya punya 1 pintu masuk untuk penonton dari luar menuju kawasan stadion.

Baca Juga: Keroyokan Renovasi JIS: PUPR Urusi Rumput, Pemprov DKI Bangun JPO-Pintu Timur, KAI Bikin Stasiun

Sementara Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta punya beberapa pintu masuk dari luar menuju kawasan stadion. Padahal, kapasitas JIS lebih dari besar dari GBK. JIS berkapasitas 82.000 orang, sedangkan GBK berkapasitas 77.193 orang. 

PSSI sebut pintu masuk yang ada di JIS saat ini terbatas. Mengingat daya tampungnya lebih besar dari GBK. (Sumber: PSSI)

Berdasarkan data PSSI, pintu masuk ke kawasan JIS saat ini adalah: 

1. Pintu Masuk Utara (kendaraan): 

Media, Tim yang bertanding, VVIP barat, dan VIP Barat



Sumber : Kompas TV, PSSI


BERITA LAINNYA



Close Ads x