Kompas TV olahraga sepak bola

Grup Qatar Pimpinan Sheikh Jassim Optimistis Akuisisi Manchester United, Kalahkan Sir Jim Ratcliffe

Kompas.tv - 29 Juni 2023, 15:26 WIB
grup-qatar-pimpinan-sheikh-jassim-optimistis-akuisisi-manchester-united-kalahkan-sir-jim-ratcliffe
Para penggemar di luar Stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, jelang pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Southampton, Inggris, Minggu, 12 Maret 2023. (Sumber: AP Photo/Jon Super)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

MANCHESTER, KOMPAS.TV - Grup Qatar yang dipimpin oleh Sheikh Jassim Bin Hamad JJ Al Thani semakin yakin untuk mengakuisisi Manchester United, dan mengalahkan miliarder Inggris, Sir Jim Ratcliffe, yang menjadi pesaingnya.

Seperti yang diketahui, proses penjualan Manchester United oleh Keluarga Glazer telah dibuka sejak awal tahun ini.

Namun, dengan negosiasi dan tawar-menawar yang alot, hingga hampir memasuki bulan Juli, belum ada tanda-tanda rampung.

Keluarga Glazer sendiri masih jual mahal dengan meminta dana 6 miliar poundsterling untuk melepas kepemilikan mereka atas Manchester United.

Tapi sekarang, dilansir Bloomberg, Kamis (29/6/2023), pihak Qatar telah mulai mengomunikasikan keyakinan mereka akan kemenangan untuk mengakuisisi klub berjuluk Setan Merah itu.

Mereka pun percaya hanya tinggal masalah waktu sebelum pengumuman resmi dikeluarkan.

Meski begitu, juru bicara grup Qatar dan Manchester United masih menolak berkomentar.

Sementara perwakilan dari Raine Group, bank di New York yang ditunjuk Keluarga Glazer menjadi penasihat terkait penjualan Manchester United ini, juga tidak menanggapi permintaan komentar. 

Baca Juga: Manchester United akan Bertemu Chelsea untuk Transfer Mason Mount, tapi Ogah Bayar 65 Juta Pounds

Walau belum ada kepastian, harga saham Manchester United PLC naik sebanyak 8,3 persen pada Rabu (28/6/2023) di New York.

Angka tersebut melanjutkan tren positif dengan total kenaikan 90 persen sejak Keluarga Glazer memulai tinjauan strategis mereka. 

Sebagai salah satu aset olahraga paling terkenal di dunia, penjualan Manchester United memang menarik perhatian para miliarder di dunia.

Ratcliffe yang juga tertarik memiliki Manchester United telah menyiapkan pembiayaan dari bank-bank termasuk Goldman Sachs Group Inc. 

Sementara JPMorgan Chase & Co., Rothschild & Co., dan Bank of America juga tertarik menanamkan modal mereka di Manchester United.

Tapi apa pun itu, dari segi sepak bola, kepastian terkait kepemilikan Manchester United ini harus bisa segera diselesaikan.

Apalagi Liga Inggris musim baru akan bergulir kurang dari dua bulan lagi sehingga pelatih Manchester United, Erik ten Hag, ingin segera membangun kekuatan timnya.

Sejauh ini, MU dikaitkan dengan sejumlah nama pemain top untuk direkrut pada musim panas ini di antaranya Harry Kane, Victor Osimhen, Mason Mount hingga Andre Onana.

Baca Juga: Susul Jejak Ronaldo, Manchester United Pertimbangkan Beri Nomor Punggung 7 kepada Garnacho


 



Sumber : Bloomberg


BERITA LAINNYA



Close Ads x