Kompas TV olahraga sepak bola

Erick Thohir Ungkap Persiapan Piala Dunia U17 2023, Tunggu FIFA untuk Koordinasi Standardisasi

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 15:06 WIB
erick-thohir-ungkap-persiapan-piala-dunia-u17-2023-tunggu-fifa-untuk-koordinasi-standardisasi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023 di Jakarta, Senin (26/6/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan sudah sejauh mana persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

Erick yang juga menjabat Menteri BUMN, Senin (26/6/2023), mengungkapkan proses persiapan untuk Piala Dunia U17 2023 saat ini masih menunggu FIFA.

Indonesia selaku tuan rumah perlu melakukan koordinasi dengan FIFA mengenai standardisasi yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen sepak bola antarnegara tersebut.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Alasan FIFA Tunjuk Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U17, 3 Hal Ini Sebabnya

“Kami menunggu kehadiran FIFA untuk berkoordinasi seperti apa standarisasi yang diharapkan, termasuk tentu stadion,” ujarnya.

Ia pun menambahkan dirinya bersama PSSI akan melakukan rapat pembentukan panitia Piala Dunia U17 2023 pada Selasa (27/62023).

Meski begitu, kata Erick, persiapan yang fundamental seperti perbaikan infrastruktur dan keorganisasian sudah dilakukan dengan terpola.

“Saya sangat terbuka dengan arahan bapak presiden untuk melihat juga beberapa stadion yang standarisasinya sudah biasa,” katanya.

“Tapi saya sampaikan ke bapak presiden, tentu FIFA akan meninjau ulang. Jangan sampai stadion yang kita usulkan tak sesuai dengan standarisasi,” tambah Erick Thohir.

Menurut Erick, salah satu yang akan diperiksa adalah Jakarta International Stadium (JIS).

“Yang pasti menjadi catatan kemarin kendalanya adalah parkir, dan akses penonton. Yang seharusnya terbuka empat pintu, ini baru terbuka satu pintu,” katanya.

Hal itu menurutnya yang harus diantisipasi demi keselamatan para suporter.

Erick pun menegaskan dirinya akan meninjau langsung JIS bersama Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melihat kekurangan apa yang harus dilengkapi.

Baca Juga: Temuan Indikasi Pengaturan Skor di Liga Indonesia, Erick Thohir: FIFA Menurunkan Tim Secara Serius

Selain itu, menurut Erick, kendala lainnya adalah rumput.

“Kemarin di kejuaraan sebelumnya, rumputnya dijahit. Saya tidak tahu ini dijahit juga atau tidak. Ini nanti kita cek,” tuturnya.

Ia pun mengatakan stadion yang akan digunakan untuk venue Piala Dunia U17 2023 telah ditinjau oleh FIFA, dan yang sudah pasti di Jakarta dan Jawa Timur.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x