Kompas TV olahraga sepak bola

Temuan Indikasi Pengaturan Skor di Liga Indonesia, Erick Thohir: FIFA Menurunkan Tim Secara Serius

Kompas.tv - 26 Juni 2023, 13:52 WIB
temuan-indikasi-pengaturan-skor-di-liga-indonesia-erick-thohir-fifa-menurunkan-tim-secara-serius
Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (26/6/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan temuan Satuan Tugas (Satgas) Anti-Mafia Bola tentang indikasi kecurangan di Liga Indonesia didukung oleh data-data FIFA.  

Kata Erick, sebenarnya FIFA sudah menurunkan tim ke Indonesia sejak beberapa bulan lalu hingga menemukan indikasi kecurangan berupa pengaturan skor atau match-fixing.

"Jadi, ada data-data FIFA karena memang FIFA menurunkan tim secara serius sejak beberapa bulan yang lalu dan tentu hal-hal ini menjadi bukti konkret," ujar Erick Thohir, Senin (26/6/2023) dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta.

Erick Thohir mengatakan bahwa saat ini temuan-temuan Satgas Anti-Mafia Bola sudah ada di tangan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit.  

Baca Juga: Erick Thohir Belum Tandatangani Detail Operasional Liga, Tiga Poin Ini Penyebabnya

"Data-data sudah ada di Pak Kapolri dan juga data-data FIFA pun berindikasi ke situ (pengaturan skor)," kata Erick Thohir.

Erick Thohir berharap pihak kepolisian bisa menindaklanjuti temuan indikasi pengaturan skor ini secara transparan dan berlandaskan pada data-data yang ada dan bukan asumsi. 

Sementara Kapolri menjelaskan bahwa pelaku pelanggaran tersebut tidak lain adalah perangkat pertandingan.


"Kami menemukan adanya indikasi pelanggaran ataupun kecurangan yang dilakukan perangkat pertandingan," ujar Kapolri.

Namun, ia mengungkapkan tak perlu untuk mengungkap identitas pelakunya saat ini.

Kapolri menambahkan dirinya akan memerintahkan Satgas Anti-Mafia Bola dalam waktu untuk melakukan pendalaman dan penyelidikan terkait masalah ini.

"Ini komitmen kami, Polri dengan membentuk Satgas Anti-Mafia Bola ingin mengawal agar kompetisi liga, baik Liga 1, 2 ,3, akan menghasilkan kompetisi yang fair dan berkualitas,” ujarnya.

Baca Juga: Respons Presiden Jokowi soal Jadwal Piala Dunia U-17 Bentrok dengan Konser Coldplay di GBK



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x