Kompas TV olahraga sepak bola

Piala Dunia U17 Bentrok dengan Konser Coldplay, PSSI Cari Solusi untuk Penggunaan SUGBK

Kompas.tv - 24 Juni 2023, 20:25 WIB
piala-dunia-u17-bentrok-dengan-konser-coldplay-pssi-cari-solusi-untuk-penggunaan-sugbk
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, reservasi hotel di sekitar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) hampir penuh menjelang konser band Coldplay pada 15 November 2023. (Sumber: Sekretariat Presiden)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI akan mencari solusi terkait penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk Piala Dunia U17 yang jadwalnya bentrok dengan konser Coldplay.

FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah ajang Piala Dunia U17 yang rencananya digelar pada 10 November - 22 Desember 2023.

Apabila SUGBK digunakan menjadi salah satu venue, tentu akan berbenturan dengan konser band asal Inggris Coldplay di Jakarta.

Coldplay dijadwalkan menggelar konsernya di Jakarta pada 15 November di SUGBK. Dari situs pemesanan online GBK, tanggal 5-17 November sudah dipesan untuk penyelenggaraan konser tersebut.

Mengenai hal ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menuturkan bahwa pihaknya akam duduk bersama untuk mencari solusi.

Menurutnya, jalan tengah diperlukan mengingat Piala Dunia U17 dan konser Coldplay merupakan dua event yang bagus untuk Indonesia.

"Kita harus duduk bersama mencari solusi karena dua-duanya event bagus buat Indonesia," ucap Erick dalam konferensi persnya, Sabtu (24/6/2023).

Erick mengatakan, kedua pihak tidak boleh mengedepankan ego dan harus bisa mencari solusi yang terbaik.

Baca Juga: Sisa 5 Bulan Lagi, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17?

Ke depannya, Erick berharap, nantinya ketika ada FIFA Matchday, SUGBK harus bersiap jika dibutuhkan Timnas Indonesia.

"Jangan juga kita sentral ego bahwa ini yang benar, Anda mesti ngalah, tidak, kita cari solusi," lanjutnya.

"Tapi saya berharap bahwa ketika ada FIFA Matchday, saya berharap ke depan tentu lapangan utama tim nasional harus bersiap, karena itu kalender resmi," tutur Erick.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 pada Jumat (23/6/2023).

Indonesia dipilih FIFA untuk menggantikan Peru yang dicabut haknya sebagai tuan rumah karena masalah infrastruktur pada April 2023 lalu.

"Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U20 2024, Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia Wanita U17 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal 2024. Kerangka waktu pelaksanaan untuk masing-masing kompetisi akan dikonfirmasi pada waktunya," tulis FIFA.

Kesempatan ini pun menjadi hal yang bagus mengingat sebelumnya FIFA membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. 

Baca Juga: Menpora akan Bertemu PSSI untuk Bahas Persiapan Piala Dunia U17 2023


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x