Kompas TV olahraga sports

Indonesia Tiga Kali Juara Umum ASEAN Para Games, Menpora: Emasnya Terbanyak Sepanjang Sejarah

Kompas.tv - 8 Juni 2023, 18:29 WIB
indonesia-tiga-kali-juara-umum-asean-para-games-menpora-emasnya-terbanyak-sepanjang-sejarah
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memberikan keterangan kepada wartawan di Stadion Elephant Hall Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (8/6/2023). (Sumber: ANTARA/Aditya Ramadhan)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Indonesia dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 yang berlangsung di Kamboja pada 3-9 Juni.

Dikutip dari laman games.cambodia2023.com, hingga Kamis (8/7/2023) pukul 17.58 WIB, kontingen Merah Putih sudah mengumpulkan 139 emas.

Atas hasil ini, secara kalkulasi, torehan itu tak mungkin lagi dikejar pesaing terdekat yaitu Thailand yang meraih 116 emas.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi torehan ini.

"Jadi Indonesia bisa kita pastikan per detik ini kita mendapatkan kembali predikat juara umum ASEAN Para Games. Dan yang paling penting perolehan medali emas kita adalah yang terbanyak sepanjang sejarah kita ikut ASEAN Para Games, di luar kita tuan rumah kemarin di Solo," kata Dito usai menyaksikan pertandingan final voli duduk di Stadion Elephant Hall Morodok Techo Phnom Penh, Kamboja, Kamis.

Baca Juga: Kabar Baik dari ASEAN Para Games 2023: Raih 128 Emas, Indonesia Kunci Posisi Juara Umum di Kamboja

Dengan torehan ini, Indonesia berhasil mencetak hattrick atau menjadi juara tiga kali berturut-turut sejak ASEAN Para Games ke-10 di Malaysia, ke-11 di Indonesia, dan ke-12 di Kamboja.

"Kita tiga kali juara berturut-turut, tapi yang paling penting perolehan medali emasnya yang terbanyak sepanjang sejarah kita," kata Dito, seperti dikutip Antara.

Menpora juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet disabilitas beserta tim ofisial Indonesia yang telah berjuang keras untuk meraih juara umum.

"Untuk para atlet-atlet disabilitas, saya mewakili pemerintah mengucapkan banyak terima kasih atas seluruh perjuangan dan pengorbanan yang sudah kalian berikan kepada negara dan Merah Putih," kata Dito.

Pada hari ini, Menpora Dito menyempatkan hadir di sejumlah arena pertandingan cabang olahraga ASEAN Para Games untuk memberikan semangat dan dukungan.

Selain itu, Menpora turut mengunjungi area makan atau dining hall para atlet untuk melakukan santap siang sekaligus bertemu dengan atlet-atlet ASEAN Para Games.

Baca Juga: ASEAN Para Games 2023: Tim Voli Duduk Putra Indonesia Bawa Pulang Medali Perak


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x