Kompas TV olahraga sepak bola

Mourinho Sampingkan Rekor Pribadi, Ingin Juarai Liga Europa 2022-23 demi Fans AS Roma

Kompas.tv - 31 Mei 2023, 06:45 WIB
mourinho-sampingkan-rekor-pribadi-ingin-juarai-liga-europa-2022-23-demi-fans-as-roma
Pelatih kepala AS Roma, Jose Mourinho. (Sumber: AP Photo/Andrew Medichini)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

BUDAPEST, KOMPAS.TV - Jose Mourinho di ambang rekor sebagai pelatih pertama dalam sejarah yang bisa menjuarai Liga Europa atau dulu bernama UEFA Cup tiga kali dengan tiga tim berbeda. 

Pelatih asal Portugal yang kini menangani AS Roma tersebut akan melakoni final Liga Europa ketiga sepanjang sejarah kariernya sebagai pelatih. 

AS Roma akan menantang sang raja Liga Europa, Sevilla di Stadion Puskas Arena, Kamis (1/6/2023) dini hari WIB. 

Sebelumnya, Mourinho pernah membawa FC Porto menjuarai UEFA Cup 2003. Lalu, juara Liga Europa 2016-17 bersama Manchester United. 

Baca Juga: Manchester City Kembali Terjerat Masalah FFP, Komentar Jose Mourinho pada 2020 Viral Lagi

Kemenangan atas Sevilla akan membuat Mourinho sebagai pelatih pertama yang juara Liga Europa/UEFA Cup tiga kali dengan tiga klub yang berbeda. 

Namun, The Special One sudah tidak memikirkan rekor pribadinya. Dia ingin mempersembahkan trofi Liga Europa 2022-23 kepada para fans AS Roma (Romanisti). 

"Apakah saya tahu bahwa saya dapat menjadi pelatih pertama yang memenangkan kompetisi ini dengan tiga tim? Saya benar-benar tidak peduli. Kami bekerja untuk [para penggemar]," kata Mourinho, Selasa (30/5/2023) dikutip dari laman resmi Europa League.

"Di momen karir saya ini, saya berpikir tentang kebahagiaan yang bisa kami berikan kepada orang-orang ini."

Baca Juga: Prediksi Sevilla vs Roma di Final Liga Europa 2022-23: Adu Rekor Sempurna

"Berada di final ini adalah sesuatu yang tidak diharapkan siapa pun di awal musim ketika Anda melihat kualitas luar biasa dari tim-tim di Liga Europa."

"Barcelona dan Arsenal ada di kompetisi ini dan mereka tersinkir sangat, sangat awal. Bagi Roma untuk berada di final ini, itu sangat berarti. Jadi mari kita coba berikan [para penggemar] kebahagiaan tertinggi," tegas Mourinho.

Sejak menjadi pelatih, Mourinho sudah lima kali tampil di final kompetisi Eropa. Ini menjadi laga final Eropa keenam bagi eks pelatih Real Madrid. Faktanya, Mourinho selalu menang dari lima final sebelumnya. 

Baca Juga: Jose Mourinho Beri Ucapan Selamat Ulang Tahun kepada Erick Thohir


 



Sumber : Kompas TV/UEFA


BERITA LAINNYA



Close Ads x