Kompas TV olahraga sepak bola

Prediksi Sevilla vs Roma di Final Liga Europa 2022-23: Adu Rekor Sempurna

Kompas.tv - 30 Mei 2023, 23:10 WIB
prediksi-sevilla-vs-roma-di-final-liga-europa-2022-23-adu-rekor-sempurna
Trofi Europa League. (Sumber: uefa.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Laga Final Liga Europa 2022-23 antara Sevilla vs Roma akan berlangsung di Stadion Puskas Arena, Budapest, Hungaria, Kamis (1/6/2023). Prediksinya, pertandingan akan berjalan ketat sejak menit awal. 

Pertandingan puncak ini juga akan menjadi adu rekor sempurna antara Sevilla sang raja Europa League dan pelatih AS Roma, Jose Mourinho. 

Ini merupakan laga final Liga Europa ketujuh bagi Sevilla. Klub berjuluk Rojiblancos itu tampil dua kali kala kompetisi ini masih bernama UEFA Cup dan empat kali usai berubah menjadi Europa League. 

Baca Juga: Manchester City Kembali Terjerat Masalah FFP, Komentar Jose Mourinho pada 2020 Viral Lagi

Dari keenam final sebelumnya, Sevilla tidak pernah kalah alias selalu menang. Lewat koleksi enam gelarnya, Sevilla merupakan tim paling sukses di kompetisi kasta kedua antar klub Eropa ini. 

Termutakhir, Sevilla memenangkan Liga Europa 2019-20, mengalahkan tim asal Italia, Inter Milan dengan skor 3-2. 

Sementara itu, AS Roma boleh percaya diri dengan rekor yang dimiliki sang pelatih, Jose Mourinho. 

Sepanjang karier kepelatihannya, Mourinho sudah lima kali menembus babak final kompetisi Eropa (2 final Liga Champions, 2 final Liga Europa, dan 1 final Conference League). Laga melawan Sevilla ini adalah final Eropa keenam bagi Mourinho. 

Dari lima final sebelumnya, pelatih yang menjuluki dirinya sendiri dengan sebutan The Special One itu, selalu sukses menang. 

Baca Juga: Hasil Semifinal Liga Europa Leg I: Beda Nasib Juventus dan AS Roma

Mourinho mengantarkan Porto juara Liga Euroap dan Liga Champions. Lalu membantu Inter Milan mendapatkan Liga Champions, dan musim lalu meraih Conference League bareng AS Roma. 

Juru taktik Real Madrid, Carlo Ancelotti percaya diri bahwa Mourinho bakal mempertahankan rekor sempurnanya tersebut. 

"Sevilla adalah tim yang punya organisasi baik dengan juru taktik anyarnya, tetapi Roma punya peluang lebih karena mereka punya pelatih yang sangat handal di final. Semoga Roma menang," kata Ancelotti dikutip dari Correire dello Sport. 


 

 

 



Sumber : Kompas TV/Correire dello Sport


BERITA LAINNYA



Close Ads x